Gara-gara Pasien Corona Berbohong, Tujuh Perawat di Salatiga Harus Diisolasi

Mus • Friday, 17 Apr 2020 - 11:37 WIB

Salatiga - Saat tim medis sedang berjibaku melawan covid-19, masih ada saja masyarakat yang membandel. Seperti di kota Salatiga, Jawa Tengah, tujuh perawat RS Paru Dr. Ario Wirawan, terpaksa menjalani isolasi mandiri setelah menangani pasien covid-19. Gara-garanya, selama perawatan sang pasien yang dinyatakan positif tak mengakui pernah pergi keluar negeri.

Awalnya, pasien tersebut menjalani pemeriksaan medis karena mengeluhkan sakit di bagian dada. Selama pemeriksaan, pasien tersebut tidak pernah mengakui pernah melakukan perjalanan ke Eropa. Namun, sakitnya yang tak kunjung sembuh membuat rumah sakit mengambil swab pasien. Hasilnya, pasien tersebut positif Covid-19.

Saat ini, ketujuh tenaga medis di RS Paru Dr Ario Wirawan tidak diperbolehkan berdinas untuk sementara waktu.

Wali Kota Salatiga Suliyanto mengatakan karena dari awal pasien tidak jujur dengan riwayat perjalanannya, semua tim medis tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

"Saat pasien memeriksakan diri, petugas medis tidak melakukan standar atau protokol yang diberlakukan," kata Suliyanto, seperti dikutip inews.id Kamis (17/4/2020).

Dia pun mengimbau agar tenaga medis tetap menjalankan tugas sesuai standar yang berlaku saat ini. Suliyanto pun meminta warga yang sakit tidak berbohong atas riwayat perjalanan dan sakit mereka saat memeriksakan diri.

"Saya mengimbau tenaga medis juga untuk menggunakan APD dan lain sebagainya," pintanya.