Legenda Renang Nasional Lukman Niode Meninggal Dunia

• Friday, 17 Apr 2020 - 14:26 WIB
Ilustrasi (Youtube: Olympic)

Jakarta - Mantan perenang nasional Lukman Niode meninggal dunia pada Jumat (17/4/2020) pukul 12.58 WIB di RS Pelni Petamburan setelah dikabarkan mengalami sakit.

Pria kelahiran Jakarta 21 Oktober 1963, 56 tahun lalu, pernah memenangkan dua medali emas di SEA Games 1983 untuk nomor punggung 100 m dan 200 m putra. Almarhum juga pernah tampil di ajang Olimpiade 1984 di Los Angeles, Amerika Serikat, serta sederet prestasi membanggakan termasuk pemegang rekor Asia untuk 100 meter gaya punggung.

Pada tahun 2018, mendiang Lukman ikut terlibat dalam panitia penyelenggara Asian Para Games, sebagai Wakil Deputi II Inapgoc. Sampai sebelum akhir hayat, almarhum juga menjadi pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia dan Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diterima Trijaya FM, Menpora Zainudin Amali turut merasakan duka mendalam atas berpulangnya Lukman Niode, yang disebut sebagai sahabat baik. Menpora Zainudin menyatakan, masyarakat telah kehilangan putra terbaik di bidang olah raga. 

"Semoga teladan yang ditunjukkan selama ini akan menjadi panduan buat para atlet dan pengurus olah raga di tanah air. Selamat Jalan Sahabat," tutup Menpora Zainudin.

(*)