Penjualan Mobil Menurun Akibat Larangan Mudik

ITK • Wednesday, 22 Apr 2020 - 19:27 WIB
Astra Motor

JAKARTA - Tren mudik Lebaran setiap tahun selalu membuat pabrikan otomotif gembira karena biasanya penjualan mobil meningkat. Tapi tahun ini sepertinya tren tersebut akan hilang setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang masyarakat mudik pada Idul Fitri 1441 H.

Seperti dikutip dari iNews.id, Marketing and CR Division Head  PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan, "Untuk Ramadan hingga Lebaran tahun ini, penjualan mobil diprediksi akan menurun ketimbang tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 ditambah larangan mudik."

Menurut Hendrayadi, penjualan mobil pada Ramadhan dan menjelang Lebaran selalu meningkat hingga 10 persen. Bahkan, kenaikannya sudah terasa di satu bulan sebelum masuk bulan Ramadan.

"Memang biasanya penjualan akan meningkat sekitar 10 persen di saat bulan-bulan menjelang atau selama puasa untuk keperluan Lebaran. Namun tahun ini dipastikan tidak akan terjadi, bahkan sebaliknya," katanya.

Walaupun terjadi penurunan, Hendrayadi belum bisa memprediksi berapa persen angka penurunan penjualan mobil pada Ramadan tahun ini di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

"Kemungkinan penurunan dalam jumlah yang besar jika dibandingkan dengan bulan-bulan normal biasanya. Namun saya belum dapat menyampaikan berapa besar prediksi penurunannya jika dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

 

(Sumber iNews.id)