PON 2020 Papua Resmi Ditunda

Mus • Thursday, 23 Apr 2020 - 11:56 WIB
Salah satu venue yang disiapkan untuk PON Papua

Jakarta – Nasib penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua akhirnya terjawab. PON 2020 Papua resmi ditunda hingga tahun depan. Semula, pesta olahraga multievent terbesar di Indonesia ini akan digelar pada 20 Oktober-2 November 2020.

Keputusan penundaan itu disampaikan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto. Ia menyatakan bahwa keputusan menunda PON 2020 diputuskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dalam rapat terbatas yang digelar di Jakarta, pada Kamis (23/4/2020).

Kabar ini disampaikan Gatot lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, @Gatot_s_dewa_broto. Dalam keterangannya, Gatot juga menyatakan bahwa keputusan Presiden Jokowi untuk menunda PON 2020 telah disambut positif oleh pemerintah di Papua.

“BREAKING NEWS. Terima kasih Bapak Presiden. Alhamdulillah, setelah mendapatkan paparan laporan lengkap dari Bapak Menpora, dengan cepat Bapak Presiden Jokowi telah memutuskan untuk menunda PON di Papua di bulan Oktober 2021 di tempat yang sama di Papua. Keputusan Bapak Presiden tersebut telah disambut positif oleh Bapak Wakil Gubernur Papua,” tulis Gatot dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, seperti dikutip okezone.com.

Sebelumnya, nasib penyelenggaraan PON 2020 memang turut ramai diperbincangkan. Sebab, merebaknya pandemi virus corona di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Papua, telah menimbulkan keraguan bahwa pesta olahraga ini bisa digelar sesuai jadwal.