1 Ramadan 1441 H Jatuh pada Jumat 24 April 2020

• Thursday, 23 Apr 2020 - 19:14 WIB
Foto: Romadanyl

Jakarta - Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1441H/2020M jatuh pada hari Jumat 24 April 2020. Penetapan ini berdasarkan Sidang Isbat yang pengumumannya disiarkan dalam telekonferensi di channel Youtube Kementerian Agama, Kamis (23/4/2020).

“Dengan suara bulat kami menetapkan awal Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat 24 April 2020,” ujar Menteri Agama Fachrul Razi setelah Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jl. MH Thamrin.

Dalam pernyataannya, Menag juga mengingatkan pentingnya menaati protokol kesehatan dalam menjalani ibadah puasa Ramadan, pada masa pandemi COVID-19, termasuk untuk tidak mudik.

Sebelumnya, sidang digelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, yaitu: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Plt Sekjen Kemenag Nizar, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Sidang juga diikuti perwakilan ormas, namun melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan.

Kesepakatan mufakat atas hasil sidang, menurut Menag, diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis). "Keduanya saling memperkuat," jelas Menag.

Secara astronomis, pada hari pelaksanaan rukyat, 23 April 2020, saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 2 derajat 41 menit hingga 3 derajat 44 menit. 

Data astronomis (hisab) ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang dilakukan pada 82 titik di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Menag, ada enam petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah, bahwa mereka melihat hilal. Petugas rukyat tersebut melihat hilal pada lokasi pemantauan di Gresik (2 orang), Pasuruan, dan Bojonegoro (3 orang).

“Setidaknya ada enam petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya telah melihat hilal. Oleh karenanya dengan dua hal tadi, mengetahui posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas kita, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan 1440H, jatuh pada esok hari Jumat, 24 April 2020,” tegas Menag, seperti dikutip dari website resmi Kemenag.

Berikut daftar petugas rukyat yang memberi kesaksian melihat hilal awal Ramadan 1441H:

1. KH Ihwanuddin (45), anggota Lembaga Falak PCNU Gresik, Jawa Timur.
2. KH Ach Asyhar (55), guru Pesantren Al Fatih Surabaya.

Keduanya memberi kesaksian telah melihat hilal dan telah disumpah oleh Drs H Muchiddin, Hakim Pengadilan Agama Kab Gresik.

3. Shofiul Muhibbin Umar (51), guru Ponpes Sidogiri menyatakan melihat hilal dan telah disumpah Dr. HM. Arufin, SH, M Hum, Hakim Pengadilan Agama Kab Pasuruan, Jawa Timur.

4. KH Moch Tuhri (69), wiraswasta asal Bojonegoro, Jawa Timur.
5. Ardana Himawan (32), PNS Kemenag Kab Bojonegoro, Jawa Timur
6. Malik (56), anggota Badan Hisab Rukyat Kab Bojonegoro

Ketiganya menyatakan telah melihat hilal dan telah disumpah oleh Drs. H Bahrul Ulum, Hakim Pengadilan Agama Kab Bojonegoro.

Berikut telekonferensi selengkapnya:

(*)