Kepedulian Purnomo Yusgiantoro Center, Saat Pandemi Covid-19

ANP • Friday, 24 Apr 2020 - 13:39 WIB

Jakarta - Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) mengadakan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan berupa alat perlindungan diri ke beberapa rumah sakit serta berkeliling membagikan 250 paket sembako di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pandemi Covid-19 yang terjadi ini dirasakan oleh semua orang dari berbagai macam tingkat sosial. Hanya imbas dari masing-masing kelompok berbeda-beda, ada yang harus dibantu karena secara ekonomi sangat berpengaruh. Dibidang kesehatan pun, beberapa rumah sakit kesulitan untuk menyediakan alat pangaman diri untuk tim medisnya, karena harga barang-barang tersebut yang menjulang tinggi dan sulit dicari di pasaran. Sedangkan jumlah pasien yang terkena Covid-19 ini terus bertambah bahkan tidak sedikit tim medis yang terjangkit virus ini dari pasien yang mereka tolong.

Kegiatan sosial ini dilakukan untuk membatu para petugas medis yang merupakan garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Selain itu para medis ini karena sumpah jabatan harus mau menangani semua pasien tanpa bisa memilih, untuk itu mereka saat ini perlu dibantu dalam pengadaan alat pelindung diri. 4 Rumah Sakit yang sudah diberikan sumbangan adalah RS. Tamansari, RS. PELNI, RS Koja dan Klinik Utama Rawat Inap Prima Medika Ciledug yang di kirimkan pada 15 dan 16 April 2020 yang lalu.

Filda Citra Yusgiantoro selaku ketua PYC mengatakan, sumbangan APD yang diberikan ke rumah sakit memang tidak semua ke rumah sakit rujukan Covid-19 tapi rumah sakit yang memang membutuhkan APD ini.

"Selain di Jakarta dan sekitarnya kami juga akan segera mengirimkan APD ke rumah sakit di daerah seperti Semarang, Wonosari, Bandung, Yogyakarta dan Bangka Belitung," tegasnya.

Selain bantuan untuk pada tim medis, PYC juga membagikan sembako sebanyak 250 paket untuk mereka yang terdampak secara ekonomi dengan adanya Covid-19 ini pada 22 dan 23 April 2020 kemarin.

Menurut Filda, Tim PYC berkeliling ke sejumlah daerah di Jakarta untuk memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojek, pengemudi taksi, pedagang kecil, pengumpul barang bekas, serta petugas kebersihan dan masyarakat lain yang membutuhkan. Para pedagang kecil yang biasanya berjaualan di daerah perkantoran penghasilan sangat menurun karena tutupnya perkantoran dan pegawainya bekerja dari rumah.

"Disaat pandemic Covid-19 ini berlangsung sebagai anak bangsa kita harus saling membantu satu dengan yang lain, Hampir semua masyarakat Indonesia terkena imbasnya hanya akibat yang ditimbulkan berbeda-beda satu dengan yang lain. Untuk itu diperlukan persatuan dan kesatuan dalam membantu satu dengan yang lain," ungkap Filda. (ANP)