Menhan Prabowo Subianto Serahkan Bantuan 5000 Unit Rapid Test Kit Kepada Pemkot Bekasi

FAZ • Tuesday, 28 Apr 2020 - 18:22 WIB

Jakarta – Dalam rangka turut serta membantu upaya pencegahan dan menekan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, Kementerian Pertahanan memberikan bantuan berupa alat test cepat atau Rapid Test Kit untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Bantuan Rapid Test Kit sebanyak 5000 unit tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Pertahanan H. Prabowo Subianto kepada Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi, Selasa ( 28/4) di kantor Kemhan, Jakarta Pusat.

Acara Penyerahan bantuan yang dihadiri pula oleh beberapa pejabat Pemkot Bekasi tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19 diantaranya physical distancing dan pemakaian masker.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan bahwa bantuan Rapid Test Kit ini adalah bagian dari upaya Kemhan untuk ikut serta secara aktif dalam kampanye melawan Covid-19. Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia, upaya Kemhan ini dilakukan dengan mengalihkan atau merelokasi anggaran untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Prabowo menjelaskan Kota Bekasi sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Ibukota merupakan wilayah yang memiliki nilai strategis. Selain Kota Bekasi, Kemhan juga berencana akan membantu daerah-daerah lainnya.

“Dengan bersama-sama kita juga ingin terjun di daerah-daerah yang penting, untuk ikut serta bersama lembaga-lembaga lainnya”, ungkap Menhan.

Prabowo pun mengungkapkan bahwa wabah Covid-19 ini adalah ancaman yang sangat berbahaya, bukan saja kepada bangsa dan negara Indonesia, tapi seluruh umat manusia.

“Ini sebetulnya adalah perang, perang melawan musuh yang tidak kelihatan, perang terhadap musuh yang tidak punya ideologi, tidak punya agenda lain selain mengancam keselamatan manusia”, ungkap Menhan.

Prabowo optimis bangsa Indonesia akan mampu menghadapi dan melewati wabah Covid-19. Tentunya dengan catatan bahwa semua pihak harus selalu disiplin dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah diberikan oleh pemerintah berdasarkan saran-saran para pakar kesehatan dunia dan pakar terbaik kesehatan di Indonesia.

“Pemerintah telah bekerja keras, tetapi sebetulnya seluruh bangsa juga harus saling bahu-membahu, yang kuat harus bantu yang lemah, kita bersatu semuanya, kita percaya kita mengatasi masalah ini”, tutur Menhan.

Sementara itu atas nama Pemerintah Kota Bekasi dan seluruh warga masyarakat Kota Bekasi, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bekasi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menhan dan jajaran Kemhan yang telah memberikan bantuan sebanyak 5.000 Rapid Test Kit.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan dengan adanya bantuan Rapid Test Kit yang diberikan dari Kementerian Pertahanan ini Wtentunya akan sangat membantu Pemkot Bekasi dalam memetakan dan mengidentifikasi 56 Kelurahan di wilayah Kota Bekasi yang full sudah zona merah.

“5000 review tes yang diberikan oleh Kemhan ini menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang di garis depan yang seperti Menhan sampaikan berjuang dalam menghadapi musuh yang tidak kelihatan bentuknya”, ungkap Wali Kota Bekasi.

Kang Pepen mengungkapkan di wilayah Kota Bekasi dengan total jumlah penduduk 2,4 juta orang, hari ini sudah ada 232 orang yang dinyatakan positif telah terinveksi Covid-19, meninggal sebanyak 125 orang dan yang berhasil disembuhkan sebanyak 60 orang.