Ringankan Beban Warga di Tengah Pandemi, UTA'45 Gelar Aksi "Peduli Covid 19" 

Mus • Tuesday, 28 Apr 2020 - 18:45 WIB

Jakarta - Dalam waktu 1,5 bulan terakhir dampak Covid-19 telah meluas ke bidang ekonomi. Daya beli masyarakat turun drastis, terutama di kalangan kelas bawah. Dunia prihatin, demikian pula Indonesia.

Melalui Program Pengabdian Masyarakat bertema "Peduli Covid 19", UTA’45 Jakarta telah dan terus menggelar serangkaian kegiatan sosial. Dimulai pada 27-28 April 2020, dengan membagikan sembako kepada karyawan dan masyarakat sekitar kampus. Kemudian pada 29 April 2020, akan didonasikan hand santizer dan masker kepada RS Sulianto Saroso, Wisma Atlet dan para security. Akvitas Peduli Covid-19 dalam bentuk pembagian sembako akan dilanjutkan pada Mei mendatang.

“Sebagai sesama anak bangsa yang sedang dilanda musibah, Covid-19 yang bermuara pada potensi krisis ekonomi yang tinggi, nurani kami terpanggil. Dengan segala keterbatasan kami, untuk tetap dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang kesulitan," kata Wakil Rektor II UTA’45 Brian Matthew di Jakarta, Selasa (28/4).

Brian menambahkan aksi Peduli Covid-19 merupakan lanjutan dari aktivitas sosialisasi dan edukasi yang sebelumnya telah dilaksanakan guna penanggulan penyebaran virus corona. 

“Ini kegiatan bakti sosial yang kedua kami laksanakan, selama pandemi Covid-19. Dan kegiatan bakti sosial ini, akan terus kami jalankan selama pandemi Covid-19. Sesuai dengan kemampuan kami. Itu saja tujuan bakti sosial dan pengabdian pada masyarakat yang kami lakukan,” ujarnya.

“Kami akan memberikan 1.000 paket mulai dari sembako dan perlengkapan medis berupa 2 kg beras, 4 bungkus indomie, 1 hand sanitizer, 1 masker, dan 1 sabun cair. Sembako akan kami bagikan langsung ke masyarakat Jakarta utara yang memang benar-benar membutuhkan. Lalu kepada para pejuang medis di rumah sakit Sulianti Saroso dan juga wisma atlet berupa perlengkapan kesehatan, kepada awak media, dan kepada satuan pengamanan di lingkungan Tanjung Priuk. Untuk kegiatan kali ini, kami didukung oleh Femme Cosmetik dan APTFI," jelasnya.

Femme Cosmetic adalah salah satu UKM di industri kecantikan yang turut dalam aktivitas "Peduli Covid 19" dengan menyumbangkan 400 handsanitizer kepada masyarakat Tanjung Priok, anggota Polisi dan TNI polisi sebagai bentuk kepeduliannya dalam mencegah penyebaran virus corona. Femme Cosmetic telah berkiprah di industri kecantikan sejak tahun 2018, dengan mmproduksi produk kosmetik dalam negeri berbasis bahan herbal yang aman untuk kesehatan kulit.

Sementara APTFI adalah Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi (APTFI)  Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Merupakan salah Fakultas Farmasi yang berada di Korwil 2 bersama Fakultas Farmasi UI, Universitas Pancasila, Universitas Esa Unggul, UHAMKA,  ISTN, UIN Jakarta, UPB Karawang, STF YPIB Cirebon, UNJANI, UNPAD, ITB. Dalam hal ini, APTFI Korwil 2 terpanggil untuk ikut dalam kegiatan "Peduli Covid 19" dengan menyumbangkan hand sanitizer bersama UTA'45 Jakarta. (Mus)