BAZNAS Ajak Masyarakat Donasi Lewat Aplikasi Tukar Poin GetPlus

ANP • Wednesday, 29 Apr 2020 - 13:54 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan GetPlus, aplikasi untuk #DapetinLebih keuntungan di tiap transaksi belanja, meluncurkan kerjasama donasi via aplikasi yakni dengan  sistem tukar poin. Sistem tukar poin ini memungkinkan masyarakat atau pengguna memanfaatkan poin belanja mereka di aplikasi online, untuk diakumulasi di GetPlus dan ditukarkan dalam bentuk donasi. Poin dapat ditukarkan dengan donasi senilai Rp10 ribu, Rp 50 ribu, atau Rp500 ribu. 

Program donasi ini nantinya akan digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak krisis Covid-19 di Indonesia, dalam bentuk bantuan Paket Logistik Keluarga dan masker.

Direktur Utama BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta mengapresiasi GetPlus atas kerja sama positif yang terjalin. Menurutnya program Donasi Poin Rewards merupakan sebuah bentuk alternatif baru untuk mengajak masyarakat membantu masyarakat lain yang membutuhkan dalam kondisi krisis Covid-19. 

“Sebuah kolaborasi yang positif antara BAZNAS dan aplikasi GetPlus dalam upaya membantu saudara-saudara kita yang terdampak ekonomi dari pandemi virus Covid-19 di Indonesia. Semoga semakin banyak lagi masyarakat terdampak Covid-19 yang dapat terbantu melalui BAZNAS," ujarnya.

Selain itu, Arifin berharap program donasi serupa akan bisa menjadi role model berdonasi mudah yang dikemas dalam sebuah platform digital yang kreatif dan inovatif. Sebelumnya BAZNAS telah menerapkan platform media digital sebagai sarana yang memudahkan masyarakat untuk berzakat dan berdonasi sejak 2016 silam. 

“Karena kepedulian kami kepada para keluarga yang terkena dampak COVID-19, di bulan Ramadan ini kami mengajak para member kami untuk ikut membantu keluarga yang membutuhkan, khususnya di wilayah Jakarta. Ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk membantu dan berbagi dengan sesama. Kami juga ingin megucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang telah membantu dalam mendistribusikan donasi yang dikumpulkan,” kata Adrian Hoon, COO GetPlus Indonesia.

Seluruh hasil donasi yang terkumpul dari program ini akan dilipatgandakan dan ditransfer ke BAZNAS di akhir program untuk dialokasikan ke keluarga yang membutuhkan untuk membantu mereka melalui paket sembako dan masker. 

“Kami berharap bahwa donasi yang terkumpul ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terkena dampak COVID-19. GetPlus juga akan terus berkomitmen untuk melakukan program seperti ini untuk kebaikan bersama,” simpul Adrian.

Cara untuk berdonasi pun cukup mudah. Buka aplikasi GetPlus, lalu pilih menu "Rewards", kemudian pilih voucher donasi poin yang diinginkan. Untuk mendapatkan poin, bisa didapat dari berbelanja dengan mitra GetPlus yang diakumulasikan di aplikasi GetPlus, lalu ditukar dengan berbagai rewards. 

Untuk 10.000 poin sama dengan donasi senilai Rp10 ribu. Di aplikasi GetPlus juga bisa membeli poin yang nantinya bisa ditukar jadi bentuk donasi. Program ini  berlangsung dari tanggal 17 April hingga 17 Mei 2020. (ANP)