Peraturan Baru Dalam Sepak Bola Seusai Pandemi Covid-19

ITK • Wednesday, 29 Apr 2020 - 15:59 WIB

Sejumlah kompetisi sedang memantau situasi untuk bisa kembali melanjutkan pertandingan. Meski sejauh ini juga sudah ada dua liga, Prancis dan Belanda, yang memilih untuk tidak menyelesaikan.

Pandemi virus corona diketahui membuat kompetisi berhenti sampai waktu yang belum jelas. Namun melihat perkembangan terbaru, dimana kasus COVID-19 mulai menurun terutama di kawasan Eropa, sejumlah pihak mulai optimistis bisa melanjutkan.

Tapi untuk kembali menggelar pertandingan, ada sejumlah protokol khusus yang harus ditaati. Itu semua masih menjadi pembahasan, meski sejumlah wacana tentang aturan baru juga sudah mencuat.

Dikutip dari The Sun, ada beberapa langkah serta regulasi yang dibuat, namun tetap menjaga agar virus corona tidak menyebar.

Beberapa aturan itu pun akan membuat pertandingan sepakbola nantinya akan terasa aneh karena sebelumnya tidak pernah terjadi. Berikut ini di antaranya:

1. Larangan meludah

Pemain akan dilarang meludah di lapangan seperti biasanya. FIFA mungkin akan meminta pengelola kompetisi memberlakukan kartu kuning atas tindakan itu.

"Ini hal biasa di sepakbola dan sangat tidak higienis. Jadi jika nanti kompetisi dimulai kembali, maka hal tersebut benar-benar harus dihindarkan," kata Michel D'Hooghe selaku Medical Committee Chairman FIFA.

2. Lima pergantian pemain

FIFA mengusulkan peraturan baru untuk mengatasi padatnya jadwal pertandingan usai pandemi virus corona COVID19. Diusulkan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan. 

Biasanya dalam satu pertandingan, tim hanya boleh melakukan tiga kali pergantian pemain. Tapi peraturan ini hanya untuk sementara.

Rencananya dispensasi peraturan tersebut bisa diterapkan oleh otoritas sepakbola untuk musim kompetisi tahun ini dan musim berikutnya. Serta juga untuk laga internasional sampai nanti akhir 2021.

3. Tanpa penonton

Opsi ini sudah dari awal ada bahkan sudah ada beberapa liga yang melakukannya. Alasannya tentu agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan virus. Tapi, sampai sekarang belum ada keputusan final. Sebab banyak yang berpikir percuma memulai kompetisi jika harus tanpa penonton di stadion. Selain karena mengurangi pemasukan klub, itu juga memberikan atmosfer yang kurang menarik dalam pertandingan.

4. Larangan bersentuhan saat corner

Physical distancing adalah prinsip yang diterapkan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus. Hal itu sulit pastinya dilakukan 

Karena tidak bisa dilakukan secara penuh, maka disarankan para pemain nanti meminimalisir kontak. Contohnya ketika situasi sepak pojok. Mereka dilarang bersentuhan seperti yang sudah-sudah.

Diketahui biasanya ketika corner pemain akan saling merangkul untuk mencegah terjadinya gol dari situasi bola mati tersebut. (*)