Korea Selatan Melaporkan Tidak Ada Lagi Kasus COVID-19 dari Dalam Negeri

Far • Thursday, 30 Apr 2020 - 11:21 WIB
BBC

Seoul – Pada Kamis (30/04/2020),  Korea Selatan melaporkan tidak ada lagi kasus COVID-19 dari dalam negeri untuk pertama kalinya sejak puncak pandemi pada 29 Februari.

Dilansir dari Reuters, otoritas Korea Selatan menyatakan 4 kasus baru yang terjadi merupakan kasus impor, yang membuat jumlah kasus secara nasional menjadi 10,765 dan korban jiwa menjadi 247.

Pencapaian ini terjadi satu hari setelah parlemen Korea Selatan menyetujui  paket stimulus ekonomi tahun ini untuk mendanai pembayaran yang dijanjikan kepada semua keluarga terndampak pandemi.

Pada hari Minggu, gereja-gereja di Korea Selatan mulai dibuka kembali setelah pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan keagamaan yang ditujukan untuk menghambat penyebaran COVID-19.

Seperti yang diketahui salah satu aliran gereja di Korea Selatan, Gereja Yesus Shincheonji, merupakan episentrum dari wabah virus corona di negeri ginseng tersebut, dimanama 10,728 kasus nasional memiliki keterkaitan dengan anggota-anggota gerejanya.

Pada awalnya wabah di Korea Selatan merupakan salah satu yang terparah di dunia dengan jumlah kasus positif yang jauh lebih besar dibdanding negara-negara lain selain China. Namun berkat usaha pemerintah untuk melakukan rapid test massal dan upaya-upaya pembatasan sosial dapat memperlambat kurva peningkatan kasus.

Korea Selatan dilaporkan juga memperpanjang kebijakan pembatasan sosialnya sampai setidaknya 5 Mei namun menawarkan kelonggaran terhadap kegiatan keagamaan dan olahraga yang sebelumnya sangat ketat.

(far)