Presiden Jokowi Lantik Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT

ANP • Wednesday, 6 May 2020 - 10:37 WIB

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Proses pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020) pagi.

Pelantikan Boy Rafli ini mengacu kepada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 86/TPA/2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Sebelum menyampaikan sumpah jabatan, Boy ditanya Jokowi terkait kesediaannya menjadi Kepala BNPT.

"Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?," kata Jokowi.

"Bersedia," jawab mantan Kapolda Papua itu.

Jokowi kemudian meminta Boy mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan di depan para tamu undangan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya, bahwa saya akan menjaga integritas, Tidak menyalahkan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Jokowi yang diikuti Boy Rafli.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memutasi ratusan perwira tinggi dan menengah di kepolisian melalui telegram Kapolri bernomor ST/1378/KEP/2020, Jumat (1/5/2020). Boy Rafli menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri. (ANP)