Kompetisi Baseball Memulai Kembali Musim Olahraga di Korsel

Mus • Wednesday, 6 May 2020 - 10:45 WIB
Pemain SK Wyverns, Jamie Romak (kanan), dan pemain Hanwha Eagles, Ha Ju-suk (kiri), pada pertandingan pembukaan musim bisbol baru Korea Selatan di Munhak Baseball Stadium, Incheon, Selasa (5/5). (AFP/Jung Yeon-je)

Seoul, Korea Selatan – Olahraga profesional Korea Selatan kembali beraksi setelah penutupan untuk virus corona, dengan dibukanya musim baru turnamen bisbol pada Selasa (5/5). Sepak bola dan golf akan segera menyusul setelah adanya harapan untuk kembali membuka kompetisi olahraga yang ditangguhkan di seluruh dunia.

Dilansir AFP, Selasa (5/5), kompetisi pembuka Liga Korea akan dapat disaksikan pada Jumat (8/5) pekan ini, dan pekan depan beberapa pemain golf wanita terkemuka akan bermain dalam turnamen domestik.

Penggemar tidak diizinkan masuk di semua lima pertandingan pembuka Organisasi Baseball Korea (KBO) yang mulai melakukan lemparan pertama. Pemandangan yang sangat berbeda dibandingkan suasana stadion penuh sesak di tahun-tahun sebelumnya di mana para penggemar bernyanyi dan bersorak tanpa henti berapa pun skor tim favorit mereka.

Gantinya, spanduk-spanduk dengan foto-foto penggemar mengenakan masker dibentangkan sepanjang bangku kosong di Stadion Baseball Munhak, kandang klub asal Incheon, SK Wyverns.

Spanduk-spanduk berisi pesan kemenangan juga dipasang pada derby Jamsil, klub LG Twins di Seoul, dengan tulisan: “Bahkan kalaupun kita terpisah, kita adalah TWINS.”

Penggemar dibagi dalam format yang belum pernah ada sebelumnya.

“Bisbol akhirnya kembali! Tapi aku penasaran kapan aku bisa benar-benar datang ke stadion,” tweet seorang penggemar.

Pengguna lain di internet mengatakan: “Ini sama sekali tidak seperti pembukaan musim. Aku menonton bisbol dari rumah, sambil memeluk bantal.”

Di stadion, pemeriksaan kesehatan yang ketat dan penjagaan kebersihan diberlakukan.

Pemain harus memeriksakan suhu tubuh dua kali sebelum pertandingan, dan masker wajah wajib dikenakan di semua area kecuali lapangan permainan dan ruang istirahat, menurut KBO.

Para pemain juga diminta untuk tidak saling berjabat tangan atau bertukar tos, meludah pun dilarang. Ini memberikan corak baru pada olahraga dengan penonton yang paling populer di Korea Selatan.

Sementara itu, ESPN mengumumkan akan menampilkan enam pertandingan Liga KBO per minggu kepada para penggemar yang merindukan pertandingan bisbol langsung di AS, sedangkan stasiun penyiaran di 10 wilayah asing telah membeli hak siar pertandingan K-League.

Korea Selatan mengalami salah satu kondisi terburuk di tahap-tahap awal wabah di luar Tiongkok, dan mendorong penangguhan musim kompetisi olahraga.

Tetapi negara itu kemudian berhasil mengendalikan wabah berkat program “trace, test and treat” atau “lacak-tes-obati” yang dilaksanakan secara luas.

Korea Selatan mencatat hanya sedikit kasus infeksi virus corona dalam beberapa hari terakhir, dengan tiga kasus baru yang dilaporkan pada Selasa (5/5) sehingga total menjadi 10.804 kasus. (lic)