Dana Bantuan 6 Juta Dolar AS untuk Petenis Terdampak Corona 

Mus • Wednesday, 6 May 2020 - 13:13 WIB
Petenis Austria Dominic Thiem skeptis dengan program dana bantuan untuk petenis yang kesulitan akibat pandemi corona. (AFP/Mauro Pimentel)

Paris, Prancis - Dana bantuan untuk pemain tenis yang paling terpukul akibat pandemi virus corona telah dibuat, dan lebih dari 6 juta dolar AS (setara 90,5 miliar rupiah) telah disumbangkan. Demikian diumumkan oleh badan pengatur olahraga tenis dunia, Selasa (5/5).

Dilaporkan AFP, Rabu (6/5), dalam sebuah pernyataan bersama, ATP dan WTA Tour, Federasi Tenis Internasional serta empat turnamen Grand Slam (Australia Terbuka, Roland-Garros, Wimbledon dan AS Terbuka) menyatakan bahwa Program Bantuan Pemain akan menolong “mereka yang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat dampak global COVID-19”.

Dengan penangguhan musim kompetisi setidaknya hingga 13 Juli mendatang, beberapa “Pemain Tunggal dan Ganda 800 ATP/WTA” membutuhkan dukungan keuangan, lanjut pernyataan itu, dengan kriteria kelayakan penerima ditentukan berdasarkan peringkat pemain dan pendapatan uang hadiah sebelumnya.

Dana tersebut juga dapat disumbangkan melalui beberapa inisiatif termasuk acara lelang, donasi pemain dan pertandingan virtual, kata badan pengatur bersama, yang bulan lalu mengumumkan wacana pembuatan program ini.

Virus corona telah menyebabkan malapetaka pada agenda kompetisi. Wimbledon dibatalkan untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II dan Prancis Terbuka ditunda hingga akhir September mendatang.

Sementara itu, Asosiasi Tenis Amerika Serikat akan memutuskan pada pertengahan Juni ini apakah turnamen AS Terbuka akan berlangsung di New York atau tidak.

Namun demikian, terlepas dari kesulitan keuangan yang dihadapi ratusan pemain, gagasan mengenai dana bantuan ini ditolak oleh pemain peringkat tiga dunia Dominic Thiem, yang bulan lalu mengatakan bahwa ia tidak akan memberikan uangnya kepada pemain berperingkat rendah.

“Sejujurnya saya harus mengatakan bahwa tidak ada pemain tenis yang akan kesulitan untuk bertahan hidup, bahkan termasuk mereka yang peringkatnya jauh lebih rendah,” kata Thiem, berbicara tentang gagasan dana bantuan yang diungkapkan oleh Novak Djokovic.

“Tidak ada satu pun dari mereka yang akan kelaparan ... Saya lebih suka memberikan uang kepada orang-orang atau organisasi yang benar-benar membutuhkannya.” (lic)