Menhub Budi Karya: Semua moda transportasi beroperasi mulai besok

FAZ • Wednesday, 6 May 2020 - 14:47 WIB
Instagram Budi Karya

JAKARTA - Pemerintah memastikan semua moda transportasi mulai beroperasi lagi besok Kamis (7/5/2020). Moda transportasi yang dibuka lagi meliputi angkutan udara, laut, kereta api, dan bus.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja virtual bersama Komisi V DPR di Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Dia menjelaskan keputusan itu merupakan penjabaran dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Nanti dimungkinkan semua moda transportasi kembali beroperasi dengan catatan harus menaati protokol kesehatan. Operasinya mulai besok dengan kriteria khusus," kata Budi.

Pemerintah menetapkan kriteria khusus bagi orang yang bisa menggunakan moda transportasi. Penetapan kriteria disusun oleh BNPB dan Kementerian Kesehatan.

Salah satu kriteria yang dibolehkan yaitu bepergian untuk tugas negara bagi pejabat negara termasuk anggota DPR. Namun dia menegaskan pejabat negara dilarang menyalahgunakan wewenang itu untuk pulang mudik.

"Bapak dan Ibu di DPR serta pejabat negara seperti saya dibolehkan bepergian sejauh itu merupakan tugas negara. Saya tidak boleh ke Palembang untuk mudik, tapi saya boleh ke Palembang untuk meninjau LRT, kami juga tidak mau ada penyalahgunaan," katanya.

Setelah ini, pihaknya akan menyusun mekanisme operasional semua moda transportasi dengan direktorat jenderal di kemenhub. Dia menegaskan negara dan masyarakat harus konsisten melarang mudik dan memastikan logistik berjalan.

"Konsistensi dan kekompakan harus dijaga. Jangan sampai ada yang melawan hanya untuk popularitas dan mengganggu kebijakan," ucapnya.