Kemenparekraf Gandeng Grab Siapkan Transportasi Bagi Tenaga Medis RS Rujukan Covid-19

ANP • Thursday, 7 May 2020 - 12:50 WIB

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menjalin kerja sama dengan industri pariwisata, untuk menyediakan sarana transportasi bagi tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, pada Rabu (6/5/2020) meresmikan kerja sama dengan Grab Indonesia dalam menyediakan sarana transportasi bagi tenaga kesehatan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo.

Menurutnya, Grab Indonesia akan menyediakan layanan armada roda 4 khusus untuk tenaga medis yang bepergian antara RSAL Mintohardjo dan Hotel Le Meridien.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai stakeholder pariwisata yang semakin hari semakin besar, tidak hanya bersama-sama berupaya mencegah penyebaran Covid-19 tapi juga ketahanan industri," kata Wishnutama Kusubandio saat meninjau kesiapan armada yang disiapkan Grab Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta.

Ia menekankan kerja sama ini adalah salah satu upaya menjaga ketahanan industri pariwisata termasuk para pengemudi, dimana Grab Indonesia selama ini memiliki peran dalam menyediakan alternatif transportasi bagi wisatawan.

Dalam kerja sama ini Wishnutama mengatakan, penerapan Standard Operational Procedure (SOP) yang dapat menjamin kebersihan dan keselamatan penumpang juga mitra pengemudi harus dijalani. Wishnutama pun menilai pihak Grab Indonesia telah menyiapkan SOP itu dengan baik.

"Kami yakin kolaborasi ini dapat memberikan rasa aman bagi mobilitas petugas medis maupun masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi ini serta ke depannya mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit kembali," katanya.



Sementara itu, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, dalam menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman, khususnya dalam masa pandemi dan perluasan PSBB di berbagai daerah di Indonesia, Grab mendedikasikan armada roda 4 khusus yang akan melayani para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, armada khusus ini dilengkapi partisi plastik di dalam mobil yang melindungi pengemudi dan penumpang dan dilakukan disinfeksi secara berkala.

Selain itu mitra pengemudi juga telah diberi pelatihan SOP khusus terkait pencegahan penyebaran Covid-19 serta dilengkapi dengan APD seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizers.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membantu mobilitas para tenaga medis dalam beristirahat setelah bertugas menangani pasien Covid-19. Kami juga siap untuk bisa mendukung industri pariwisata bangkit," kata Ridzki Kramadibrata. (ANP)