Pabrik Tesla di California Belum Dapat Dibuka Kembali

Mus • Friday, 8 May 2020 - 13:40 WIB
CEO Tesla Elon Musk (Reuters/Aly Song)

San Francisco, AS – Negara bagian California di AS telah menetapkan aturan untuk mengizinkan pabrik-pabrik dibuka kembali pada Jumat (8/5), kata Gubernur California Gavin Newsom. CEO Tesla Inc Elon Musk menyambut pengumuman itu dengan reaksi antusias di akun Twitter resminya dengan mencuit “Yeah!!”

Akan tetapi, seperti dilansir Reuters, Jumat (8/5), Tesla berlokasi di salah satu kabupaten di wilayah teluk San Francisco, Alameda, yang menerapkan aturan lockdown berbeda dan dijadwalkan masih akan berlangsung hingga akhir Mei ini. Di bawah aturan wilayah itu, maka satu-satunya pabrik kendaraan Tesla yang berada di Fremont, California, tidak dapat beroperasi secara rutin.

Kebijakan negara bagian yang diumumkan pada Kamis (7/5) itu tidak mengubah aturan pemerintah wilayah kabupaten, kata juru bicara Kantor Kepala Polisi Alameda, Ray Kelly, kepada Reuters melalui pesan singkat.

Rencana negara bagian yang digariskan oleh gubernur negara bagian mencakup beberapa persyaratan untuk pembukaan kembali seperti menerapkan jarak fisik, memeriksa pekerja dan melatih karyawan tentang langkah-langkah pembatasan penyebaran virus.

Musk sebelumnya mengkritik aturan lockdown dan sudah bersemangat untuk membuka kembali pabrik Tesla. Musk juga adalah CEO di perusahaan roket dan pesawat ruang angkasa, SpaceX.

Tesla sendiri belum menanggapi permintaan komentar mengenai cuitan tersebut. (lic)