Pandemi Covid-19, Asean Para Games 2020 Dibatalkan

FAZ • Saturday, 9 May 2020 - 11:09 WIB

JAKARTA – Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mendapatkan kabar bahwa pelaksaan ASEAN Para Games 2020 telah resmi dibatalkan. Kabar itu pun didapatkan langsung dari surat yang dikirimkan oleh Presiden ASEAN Para Sport, Osoth Bavilai pada Jumat 8 Mei 2020 malam WIB.

Dalam surat yang diberikan Bavilai itu, ada lima poin penting yang ingin disampaikan kepada para anggota ASEAN Para Games 2020. Namun, intinya adalah pembatalan pelaksaan ASEAN Para Games 2020 dikarenakan wabah virus corona.

“Pemimpin Komisi Olahraga Filipina (PSC), William I. Ramirez sudah mengumumkan melalui pernyataan press bahwa ASEAN Para Games 2020 yang merupakan edisi ke-10, di mana Filipina yang menjadi tuan rumahnya akan segera dibatalkan. Hal itu karena Filipina sedang berusaha menghadapi wabah virus Covid-19,” bunyi pernyataan Bavilai, seperti yang tertulis dalam surat yang diberikan kepada Kemenpora, Sabtu (9/5/2020).

“Pada 3 Mei 2020, Ketua ASEAN Para Games untuk Filipina, Michael Barredo, telah mengirimkan surat resmi dari Komisi Olahraga Filipina kepada Federasi ASEAN Para Sport. Surat tersebut menyatakan anggaran nasional telah menarik dukungan keuangan untuk berlangsungnya ASEAN Para Games yang ke-10 untuk dialihkan uangnya untuk penanganan virus corona,” tulis Bavilai.

Jadi, Filipina tak bisa meneruskan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2020 dikarenakan uang yang seharusnya diberikan untuk ajang olahraga tersebut harus dialihkan untuk mengatasi wabah virus corona. Tentu hal itu benar-benar di luar ekspetasi Filipina sebelumnya, karena itu mereka sangat menyesal harus membatalkan acara ASEAN Para Games 2020 tersebut.

Pihak Federasi ASEAN Para Sporti (APSF) pun memaklumi keputusan yang diambil oleh Filipina tersebut. Mereka bahkan tak lupa berterima kasih atas perjuangan Filipina yang sudah berupaya untuk tetap mencoba untuk memperjuangkan berlangsung ASEAN Para Games 2020.