Ini Dia Aturan Baru Kompetisi Sepakbola Setelah Jeda Covid-19

ITK • Monday, 11 May 2020 - 09:32 WIB

MADRID - Aturan kompetisi sepak bola Eropa seperti yang sudah direncanakan FIFA akan banyak berubah ketika kembali dari jeda akibat pandemi Covid-19. Sejumlah peraturan baru diperkenalkan sebagai langkah menjaga kesehatan atlet sekaligus memutus penularan virus corona.

Seperti kompetisi Jerman Bundesliga misalnya, tim tidak boleh masuk ke lapangan bersama, pemain tidak boleh menyentuh untuk merayakan gol dan pemain di bangku cadangan harus memakai masker serta jabat tangan pun tidak diizinkan. Bundesliga rencananya akan mulai pada tanggal 16 Mei mendatang.

Sementara Di La Liga Spanyol, para pemain telah memulai pelatihan secara individual pekan ini. Aktivitas pemain Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, mulai terlihat di lapangan latihan setelah menjalani tes Covid-19. Dan menurut Marca, aturan baru akan menyertai kembalinya sepak bola di Spanyol, salah satunya adalah lima pemain pengganti akan diizinkan dan tiap tim akan terdaftar 23 pemain di dalamnya.


Apa saja selengkapnya peraturan baru di La Liga tersebut? 

Sepak bola non-profesional

Sistem playoff digunakan untuk memutuskan tabel liga, sementara kompetisi sepak bola remaja telah dihentikan.

Lima pergantian pemain

Tim akan diizinkan membuat sebanyak lima pergantian selama pertandingan, dan presiden LaLiga Javier Tebas telah menyatakan dukungannya terhadap keputusan FIFA tersebut.

Skuat dengan 23 pemain

Klub La Liga dan Segunda dapat memasukkan 23 pemain dalam tim di matchday mereka, sementara pertandingan playoff promosi di Segunda B, Tercera, dan kompetisi wanita dapat menggunakn 20 pemain dalam tim mereka.

VAR tetap dilanjutkan

Meskipun FIFA memungkinkan VAR untuk dihilangkan, La Liga berniat untuk terus menggunakannya dan perubahan akan dilakukan pada fasilitas VAR untuk melindungi para ofisial.

Informasi medis

La Liga bertanggung jawab memberikan gambar sesi pelatihan untuk sejumlah klub selama periode tersebut, dan diminta agar klub tidak mengungkapkan informasi medis apa pun dari pelatihan untuk menghindari desas-desus tentang penyebaran kasus. La Liga ingin mengendalikan semua informasi seputar kemungkinan kasus positif.

Pengukuran di tempat

La Liga meminta pengukuran wajib sebelum kompetisi dimulai kembali. Suhu setiap orang yang memasuki stadion akan diperiksa, hotel akan digunakan secara eksklusif oleh pemain dan hanya penerbangan tertentu yang dapat digunakan.

Tim bepergian dengan bus akan menggunakan dua bus, dengan pemain tandang dites sebelum berangkat dan pemain kandang diuji 24 jam sebelum kick off.

Semua pemain harus mengganti kit mereka di babak pertama, meludah akan mendapat kartu kuning dan konferensi pers akan dilakukan dari jarak jauh.

Jornada ke-28 Liga Spanyol sendiri rencananya akan bergulir di Juni mendatang setelah mengalami penundaan dari bulan Maret. Dikutip dari Marca Claro, kompetisi akan dimulai tanggal 20 Juni dan rencananya akan selesai pada tanggal 26 Juli 2020. (*ITK)