Telkomsel Dukung Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 oleh PMI, Melalui Penyediaan Solusi IoT

Mus • Tuesday, 12 May 2020 - 16:09 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Telkomsel mengumumkan kolaborasi dalam menjalankan upaya kolektif untuk menanggulangi wabah COVID-19 di Indonesia. Pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 yang diinisiasi oleh PMI, Telkomsel dipercaya untuk menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM), yang akan membantu PMI untuk tetap dapat menerapkan pembatasan fisik (physical distancing) dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu plasma darah pada program penanggulangan COVID-19. Kolaborasi ini merupakan upaya lanjutan dari Telkomsel yang terus bergerak maju mengambil peran aktif dalam upaya gotong royong bersama seluruh elemen bangsa, untuk melakukan pengendalian pandemi COVID-19 di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 merupakan inisiatif PMI dalam melakukan upaya mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus corona, sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis. Program tersebut telah berjalan di berbagai daerah sejak Maret lalu. PMI menjadwalkan program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 akan dilaksanakan selama enam bulan hingga September mendatang di 34 Provinsi di Indonesia.

“Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama PMI dalam memperkuat upaya kolektif antar lini, sekaligus sangat bangga karena solusi IoT kami dipercaya dalam membantu penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia. Inisiatif ini membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi IoT dapat secara efektif mengurangi keterlibatan manusia, terutama ketika pembatasan fisik sangat diperlukan, sekaligus menjaga agar aktivitas operasional tetap dapat berjalan tanpa hambatan. Kami juga sangat senang, solusi IoT yang kami hadirkan tidak hanya memberikan dampak nyata untuk kepentingan bisnis lintas industri, tapi juga untuk mendukung keberhasilan implementasi penanggulangan bencanaseperti yang dilakukan PMI pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 ini,” kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Sementara itu Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, kerjasama ini merupakan bukti nyata dari komitmen dan kolaborasi pihak korporasi untuk ikut terlibat dan berpartisipasi dalam upaya penanganan wabah Covid-19. “Peran teknologi sangat membantu masyarakat dan lembaga tertentu dalam melakukan pencegahan virus corona. Dengan adanya teknologi ini, diharapkan bisa membantu PMI, terutama dalam manajemen kendaraan dan manajemen kegiatan operasional,” ujar Sudirman.

Pada operasi Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19, Telkomsel berperan dalam menyediakan layanan IoT FleetSight dan TOMS untuk menjalankan fungsi kontrol terhadap sekitar armada kendaraan PMI. Sedangkan layanan APM disediakan untuk memonitor suhu box berisi plasma darah yang dikirimkan dari Unit Donor Darah (UDD) PMI ke Rumah sakit di wilayah Jabodetabek. Penyediaan solusi meliputi pemberian perangkat yang dibutuhkan, lisensi aplikasi FleetSight, TOMS dan APM, serta konektivitas data yang digunakan untuk mengakses aplikasi.  (mus)