Jelang Lebaran 2020, Jasamarga Nusantara Tollroad Berkomitmen Berikan Layanan Optimal Untuk Pengguna Jalan

ANP • Friday, 15 May 2020 - 22:22 WIB

Kualanamu - Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, terus memberikan pelayanan optimal untuk pengguna jalan jelang libur Lebaran 2020, khususnya di ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Regional Jasamarga Nusantara Tollroad Division Head Teddy Rosady memastikan pelayanan jalan tol di tengah pandemi Covid-19 akan tetap dioptimalkan. 

“JNT menyiapkan strategi menghadapi arus libur Lebaran dengan memberi perhatian besar terhadap aspek keselamatan pengemudi, optimalisasi kapasitas Gerbang Tol (GT) dan kenyamanan di tempat istirahat khususnya bagi para pengguna jalan tol yang melalui ruas Jalan Tol MKTT dan Belmera”, ungkapnya.

Kebutuhan sumber daya baik personil, peralatan maupun material untuk kelancaran operasional di jalan tol telah diperhitungkan.

“Kami menyediakan 3 lajur khusus layanan top up tunai di GT Tebing Tinggi, percepatan transaksi di GT dengan mobile reader, penempatan petugas untuk membantu tapping uang elektronik dan memastikan ketersediaan uang elektronik”, kata Teddy. 

Sementara di Bidang Pelayanan Lalu Lintas, upaya yang dilakukan berupa penyebaran volume lalu lintas, peningkatan aspek keselamatan jalan, percepatan penanganan gangguan, penambahan petugas operasional dan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan panjang.

“Kami menyiapkan kendaraan operasional pelayanan lalu lintas yang terdiri dari 7 unit kendaraan Patroli, 4 unit kendaraan Ambulance, 2 unit kendaraan Rescue, 5 unit kendaraan PJR, dan 7 unit kendaraan Derek yang tersebar di ruas jalan tol MKTT dan Belmera,” jelas Teddy.

JNT juga memastikan perkerasan jalan, sarana pelengkap jalan seperti marka, guide rail, dan perambuan, baik di ruas Jalan Tol MKTT maupun Belmera terpenuhi sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Untuk mempercepat distribusi informasi, JNT menyiapkan posko terpadu yang terintegrasi dengan 19 unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang di gerbang tol, 5 unit VMS berada di mainroad, 8 unit VMS di akses tol, 18 unit CCTV terpasang di gerbang tol dan 228 unit CCTV yang berada di lajur ruas jalan tol. 

Di tengah Pandemi Covid-19, JNT memastikan pelaksanaan kegiatan operasi Jalan Tol MKTT dan Belmera sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Kementerian PUPR Nomor: 07/SE/M/2020 tanggal 2 April 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol serta Transaksi di Gerbang Tol. 

Mengacu dari Surat Edaran tersebut, JNT menyiapkan dan melaksanakan protokoler pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya dengan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), pengecekan suhu tubuh petugas operasional, dan penyemprotan disinfektan di gerbang dan gardu termasuk peralatan operasi secara berkala.

Keberadaan dan kesiapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) / rest area di sepanjang ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi juga mendapat perhatian untuk dioptimalkan saat Lebaran.

Kepala Wilayah VI Medan PT Jasamarga Related Business (JMRB) Yudiana mengatakan bahwa rest area yang berada di KM 65A dan KM 65B dipastikan siap melayani pengguna jalan pada arus libur Lebaran 2020.

“Dalam rangka memenuhi Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Covid-19 di rest area telah dilakukan pembersihan dan penyemprotan dengan cairan disinfektan secara berkala. Selain itu, pengelola rest area akan memberlakukan beberapa pengaturan diantaranya screening suhu dan kewajiban pemakaian masker bagi pengunjung serta petugas rest area, penambahan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, penyediaan menu take away oleh tenant untuk meminimalisir transaksi, serta pemberlakuan parking distancing”, ungkapnya.

JNT juga menjalin kerjasama dengan pihak Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan serta Perangkat Desa untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol.

Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan untuk mempersiapkan kondisi kesehatan dan kendaraan, mencuci tangan dengan sabun serta physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Pengguna jalan tol dapat menghubungi Contact Service 14080 untuk wilayah nasional, 08116285555 untuk Jalan Tol MKTT dan (061) 6611701 untuk Jalan Tol Belmera. (ANP)