Angkutan Laut Logistik Mampu Penuhi Kebutuhan Masyarakat Selama Masa Pandemi Covid-19

ANP • Monday, 18 May 2020 - 10:49 WIB

Jakarta - Pada masa pandemi, angkutan logistik menjadi penyelamat baik dari segi ekonomi maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta angkutan logistik selama masa covid tetap lancar tanpa kendala.

Untuk meyakinkan hal tersebut, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melakukan peninjauan angkutan logistik melalui laut atau pelabuhan. Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan, Cris Kuntadi melaksanakan peninjauant tersevbut di Pelabuhan Tanjung Priok yang membawa keperluan masyarakat baik barang domestik maupun internasional secara aman dan selamat.

Laju logistik kapal di Peabuhan Tanjung Priok selama pandemi secara umum cenderung baik bahkan sempat mengalami kenaikan pengiriman peti kemas sebesar 170.000 TEUs pada April 2020. 

Data sampai 15 Mei 2020 menunjukan aktivitas logistik angkutan laut setelah penerapan Surat Edaran No. 08 Tahun 2020 untuk jumlah kapal bongkar muat yang masuk ke pelabuhan adalah sebanyak 1.313 kapal sementara jumlah bongkar muat sebanyak 2.865.313 ton. 

Jelang lebaran peti kemas mengalamai mengalami penurunan 9-10% untuk laju logistik domestik sementara untuk internasional turun 5%. Hal ini dikarenakan terjadi penurunan demand dan aktivitas produksi pabrik-pabrik namun penurunan ini cenderung normal dan terjadi setiap tahunnya. “Diharapkan bulan Juni sudah kembali normal ya”, ujarnya saat ditemui di lokasi peninjauan

Turut hadir bersama dalam peninjauan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II, Arif Suhartono dan Direktur Lalu Lintas Laut Kementerian Perhubungan, Capt. Wisnu .Handoko. (ANP)