Wenger: Pertandingan Tanpa Penonton Hanya Solusi Jangka Pendek 

Mus • Monday, 18 May 2020 - 14:01 WIB
Arsene Wenger di ajang Laureus World Sports Awards - Salle des Etoiles, Monaco, 18 Februari 2019. (Reuters/Eric Gaillard)

London, Inggris – Pertandingan sepak bola tanpa penonton tidak lain adalah solusi jangka-pendek selama pandemi COVID-19, sebab ketiadaan penggemar dalam waktu panjang dapat merusak permainan itu sendiri, kata mantan bos Arsenal, Arsene Wenger. 

Dilansir Reuters, Senin (18/5), Bundesliga Jerman menjadi liga sepak bola utama pertama yang dibuka kembali setelah wabah virus corona-baru menghentikan seluruh pertandingan olah raga pada awal tahun ini. Pembukaan kembali kompetisi ini juga diawasi ketat oleh liga lain. 

“Apakah (kondisi tanpa penonton) itu akan bertahan dalam jangka-panjang? Apakah ini akan merusak pertandingan dalam jangka-panjang bila tanpa penggemar? Saya yakin begitu,” kata Wenger, yang kini menjabat Kepala Pengembangan Global FIFA, kepada beIN Sport. 

“Anda tidak bisa membayangkan sepanjang musim tanpa ada penonton. Itu sebabnya saya percaya ini hanyalah solusi jangka-pendek.” 

“Ini masih cara terbaik yang bisa diambil sampai akhir musim. Masih lebih baik daripada keputusan lain.” 

Liga Premier Inggris berharap ‘Project Restart’, yang direncanakan akan kembali beraksi pada Juni mendatang, dapat memperoleh momentum setelah klub mengadakan konferensi jarak-jauh pada Senin (18/5) untuk melakukan voting dan melanjutkan latihan tim tapi dengan pertandingan yang dimainkan di stadion kosong. 

Pria Prancis itu juga menambahkan bahwa masalah kesehatan harus menjadi prioritas dalam setiap keputusan untuk melanjutkan kembali kompetisi. 

“Kita tidak bisa terlalu terpaku pada alasan finansial dan mengambil risiko sebesar itu,” tambahnya. “Kita harus terlebih dahulu memastikan bahwa langkah ini aman secara medis.” (lic)