Kisah 3 Pasien Corona Sembuh di RS Siloam Sriwijaya Palembang

ANP • Monday, 18 May 2020 - 22:50 WIB

Palembang - Ada kabar baik dari Siloam Hospitals Palembang. Dari 34 pasien terpapar virus SARS CoV2 (corona virus), hampir setengah dari jumlah tersebut dinyatakan sembuh, atau sejumlah 16 pasien. Hal menarik lainnya dari pasien yang sembuh tersebut, terselip kisah haru dari pasien manula berikut cucunya yang sebelumnya ikut terinfeksi. Ketiga pasien tersebut yakni SK (62 tahun) beserta sang cucu bernama AP (10 tahun), warga Kecamatan Sako yang dirawat 11 hari. Serta seorang pasien bernama Ss (52 tahun), warga Kecamayan Kertapati yang juga sudah 11 hari dirawat di RS Siloam.

"Saya bisa sembuh berkat anjuran dokter Siloam yang merawat kami dengan intens dan penuh perhatian. Soal kebersihan dan pola hidup sehat ini benar-benar ditekankan tim dokter kepada kami," ungkap SK, Senin, 18 Mei 2020 saat berbincang dengan sejumlah media, jelang kepulangan dari Siloam Hospitals Palembang.

Nenek yang ramah ini kembali menuturkan, selain konsistensi ikut anjuran dokter, SK mengaku memiliki keyakinan sembuh. "Harus yakin sembuh, caranya dengan berdoa. Saya juga tetap berpuasa. Saya juga bahagia, cucu saya ikut sembuh, "imbuh SK yang mengaku tertular oleh suaminya yang lebih dahulu sembuh.

Ditempat yang sama, Direktur Medik dan Pelayanan RS Siloam Sriwijaya, dr. Anton Suwindro menjelaskan, pihaknya masih intensif memantau perkembangan 18 pasien Covid yang dalam masa perawatan. Anton menambahkan, RS Siloam Sriwijaya sebagai second line hospital yang menangani pasien Covid-19, memiliki 15 ruangan ICU HCU dan 40 ruang perawatan.

"Resep kesembuhan melalui perawatan intensif,minum obat, dijemur setiap hari dan berolahraga  olahraga," sebut Anton Suwindro.

Guna meningkatkan pelayanan bagi pasien terpapar Covid-19, serta pencegahan pandemi, Siloam Sriwijaya Palembang berencana akan meningkatkan layanan ruangan yang sebelumnya terdiri dari 40 menjadi 60 ruangan. (ANP)