Kapten Wayford Tolak Liga Inggris Bergulir Kembali

ITK • Tuesday, 19 May 2020 - 15:21 WIB
Premiere League

WATFORD – Jelang bergulirnya kembali Liga Inggris, rencanananya semua klub akan berlatih kembali mulai hari ini, Selasa (19/5/2020). Para pemain nantinya akan berlatih dalam kelompok-kelompok kecil sesuai protokol kesehatan. Banyak pihak menyambut hal itu, tetapi tampaknya tidak bagi kapten Watford, Troy Deeney.

Deeney sejak awal tidak setuju Liga Inggris 2019-2020 dilanjutkan di tengah pandemi Virus Corona. Saat setiap klub memulai latihan pada hari ini, Deeney menolak untuk melakukannya. Menurut Deeney, tidak ada jaminan dirinya aman dari Virus Corona dalam latihan tersebut.

Pada rapat bersama, Deeney yang turut hadir mengungkapkan ketidaksetujuannya. Ia menjelaskan bahwa beberapa ras lebih rentan untuk terjangkit Virus Corona. Jika hal itu tidak diatasi dengan baik, maka Deeney tidak mau mengambil risiko.

“Dalam rapat itu, saya mengajukan pertanyaan yang sangat sederhana. Untuk ras kulit hitam, Asia dan campuran, mereka empat kali lebih mungkin terkena penyakit ini dan dua kali lebih mungkin menderita penyakit yang bertahan lama. Apakah ada tes tambahan? Adakah hati untuk melihat ini sebagai masalah?” ujar Deeney, seperti dikutip dari The Sun.

“Saya merasa itu harus diatasi. Saya tidak bisa memotong rambut sampai pertengahan Juli tetapi saya bisa pergi dan mendapatkan kotak (penalti) dengan 19 orang melompat untuk mendapatkan sundulan? Saya tidak tahu cara kerjanya. Ketika saya bertanya begitu, tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan saya," ucap Deeney. "Bukan karena mereka tidak mau, tapi karena mereka memang tidak memiliki informasi. Saya hanya berkata 'Jika Anda tidak tahu informasi itu, mengapa saya harus mengambil risiko?” jelasnya lagi.

Meski begitu, latihan akan tetap dijalankan pada hari ini. Setiap klub akan menyiapkan menu latihan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Para pemain diharapkan segera kembali ke kondisi terbaiknya sehingga Liga Inggris dapat bergulir sesuai rencana pada 12 Juni 2020.

Watford sendiri sekarang ini berada diujung tanduk degradasi bersama Southampton dan Norwich City. Dari 13 pertandingan yang telah berjalan Watford sejauh ini hanya bisa mengumpulkan 8 poin dan berada pada peringkat 20 alias terakhir di klasemen Liga Inggris(*)