Erick Thohir Dapat Restu Presiden, Gabungkan Hingga Tutup BUMN Merugi

Inews.id • Wednesday, 20 May 2020 - 21:44 WIB

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Keppres terkait konsolidasi, merger, dan rasionalisasi perusahaan BUMN. Dengan keluarnya keppres tersebut, Kementerian BUMN telah mendapat restu untuk menggabungkan hingga menutup perusahaan BUMN yang merugi.

"Program ini didukung oleh Presiden, Kepresnya sudah keluar kemarin," kata Erick, dalam acara Moving Forward di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Dia menuturkan, sejak awal menjabat program ini menjadi salah satu andalan merestrukturisasi perusahaan pelat merah. "Dengan Keppres dari Presiden yang kita terima, kita dapat menutup menggabungkan atau membentuk kemitraan strategis. Ini agar memperkuat basis fundamental BUMN yang fokus pada bisnisnya," ujarnya.

Erick menyebutkan pihaknya akan mengklasifikasi bisnis perusahaan BUMN agar lebih fokus. Dia mencontohkan, Telkomsel selaku anak usaha PT Telkom Tbk akan difokuskanmenciptakan nilai ekonomi. Kemudian, PT Pupuk Indonesia akan fokus pelayanan publik. "Kita ingin fokus BUMN tetap terjaga," katanya. (**)