Hadirkan Beragam Opsi Pekerjaan, Platform Sampingan Jadi Solusi Masyarakat dan Perusahaan di Tengah Pandemi

ANP • Wednesday, 20 May 2020 - 22:15 WIB
VP of Operations Sampingan - Ryan Dwi Putra (kiri) memakaikan masker kepada salah satu Kawan Sampingan di Jakarta (18/5/2020).

JAKARTA – Sampingan, platform yang memberdayakan pekerja kerah biru (blue-collar) independen terbesar di Indonesia berkomitmen untuk terus memudahkan pengguna baik mitra yang disebut dengan Kawan Sampingan, maupun rekan bisnis di tengah pandemi COVID-19.

Sebagaimana kita ketahui, pandemi COVID-19 menyebabkan pertumbuhan bisnis melambat atau bahkan mengalami penurunan yang mengakibatkan banyaknya masyarakat yang harus rela kehilangan pekerjaan atau terpaksa berhenti bekerja untuk sementara.

Wisnu Nugrahadi, CEO dan Co-Founder Sampingan mengatakan, di tengah kondisi ini, banyaknya tipe pekerjaan yang tersedia di platform Sampingan, menjadikan Sampingan sebagai salah satu solusi bagi para pencari kerja blue-collar.

“Pada bulan Maret hingga Mei 2020 terjadi kenaikan jumlah mitra atau Kawan Sampingan yang bergabung, yaitu lebih dari 50.000 orang. Kebutuhan akan penghasilan utama maupun tambahan menjadi alasan mereka bergabung. Dengan banyaknya tipe pekerjaan yang ada di platform kami, mereka dapat memilih sesuai dengan keahlian, kemampuan dan waktu yang dimiliki” katanya.

Saat ini Sampingan menawarkan beberapa tipe pekerjaan diantaranya; sales, surveyor, kurir, dan staf gudang. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat bergabung untuk menjadi reseller di platform Sampingan. Cukup dengan mendaftar di aplikasi Sampingan, maka akan langsung mendapatkan akses ke puluhan barang yang dapat dijual kembali.

Dengan membeli barang yang ditawarkan, maka otomatis akan terdaftar menjadi reseller Sampingan, tanpa dipungut biaya apapun. Kelebihan program reseller ini adalah hanya dengan biaya mulai dari Rp50.000,- sudah bisa mendapatkan produk dengan harga khusus reseller. Di sini juga terdapat beragam varian produk sehingga tidak perlu menghubungi masing-masing brand untuk memulai berjualan. Semua produk dijamin keasliannya dan terdapat garansi uang kembali jika reseller tidak menerima produk yang dibeli. Saat ini sudah lebih dari 8000 reseller yang bergabung di platform Sampingan.

“Tujuan kami adalah memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan, yaitu dengan mengambil pekerjaan yang ada maupun menjalankan usaha sendiri melalui program jaringan reseller,” ungkap Wisnu.

Sementara dari sisi bisnis, Wisnu menjelaskan, saat ini justru terjadi peningkatan permintaan pekerja dari para partner bisnis khususnya untuk tipe pekerjaan di bidang logistik seperti kurir, staf gudang, dan petugas administrasi. Permintaan ini naik hingga lima kali lipat pada periode bulan Maret hingga Mei 2020. Hal ini dipengaruhi dengan berlakunya physical distancing dan imbauan untuk tinggal di rumah sehingga masyarakat lebih mengandalkan jasa pengiriman ketika memesan barang atau berbelanja. Peningkatan permintaan jumlah pekerja juga terjadi pada tipe pekerjaan yang dikerjakan dari rumah seperti petugas administrasi, customer service dan telesales.

“Tidak hanya memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat namun juga menjadi solusi workforce bagi para perusahaan,” tambah Wisnu.

VP of  Operations Sampingan - Ryan Dwi Putra (kiri) menyerahkan masker secara simbolis kepada salah satu Kawan Sampingan di Jakarta (18/5/2020).  Melalui kampanye #BuatOrangRumah Sampingan membagikan ribuan masker kepada para Kawan Sampingan yang masih bekerja di luar rumah serta berkolaborasi dengan Masker Kain Untuk Semua dengan membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19 dan membantu mereka yang terkena dampaknya.

VP of  Operations Sampingan - Ryan Dwi Putra (kiri) menyerahkan masker secara simbolis kepada salah satu Kawan Sampingan di Jakarta (18/5/2020).  Melalui kampanye #BuatOrangRumah Sampingan membagikan ribuan masker kepada para Kawan Sampingan yang masih bekerja di luar rumah serta berkolaborasi dengan Masker Kain Untuk Semua dengan membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19 dan membantu mereka yang terkena dampaknya.

Kampanye #BuatOrangRumah

Melalui kampanye #BuatOrangRumah, Sampingan membagikan ribuan masker kepada para Kawan Sampingan serta berkolaborasi dengan Masker Kain untuk Semua dengan membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepada Kawan Sampingan pembagian masker dengan tipe non-medical scuba face mask ini dilakukan secara bertahap kepada mereka yang harus bekerja di luar rumah. Selain pembagian masker, Sampingan juga mengharuskan para Kawan Sampingan untuk bekerja sesuai SOP pencegahan penyebaran COVID-19 yang berlaku. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar mereka tetap dapat bekerja dengan aman di kondisi saat ini

“Secara rutin dan bertahap, kami membagikan masker kepada para Kawan Sampingan yang masih harus bekerja di luar rumah. Kami juga melakukan sosialisasi SOP kesehatan yang juga dapat diakses di dalam platform dan website Sampingan. Hal ini kami lakukan agar semua Kawan Sampingan dapat bekerja dengan aman dan nyaman, mencari nafkah #BuatOrangRumah yang mereka perjuangkan. Kerja keras dan semangat mereka tentunya perlu kita apresiasi” ujar Wisnu.

Sampingan juga bekerjasama dengan Masker Kain untuk Semua untuk membantu pihak yang terdampak serta menekan penyebaran COVID-19 dengan membagikan masker. Dalam kerja sama ini Sampingan menyediakan tenaga kerja yang berperan sebagai relawan. Para relawan ini bertanggungjawab untuk melakukan pengemasan maupun juga pendistribusian masker yang akan diberikan kepada masyarakat.

Untuk tahap awal kerjasama, pembagian masker telah dilakukan pada Selasa 28/04/2020 hingga Jumat 1/05/2020, di 8 stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) dan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Masker Kain untuk Semua. Ini merupakan bagian dari komitmen kami melalui kampanye #BuatOrangRumah untuk menekan penyebaran COVID-19 dan membantu mereka yang terkena dampaknya. Ke depannya, kami terus terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kami juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kawan Sampingan yang menjadi relawan. Saat ini sudah ada ratusan yang mendaftar menjadi relawan di platform Sampingan,” kata Wisnu.

Untuk bergabung menjadi relawan di platform Sampingan bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Sampingan kemudian mendaftar dan mengikuti proses di aplikasi untuk pendaftaran crew event. Setelah pendaftaran disetujui, calon relawan kemudian bisa langsung memilih kegiatan relawan yang sedang aktif di daerah yang diminati. Relawan kemudian akan dihubungi oleh pihak Sampingan untuk penjelasan detail aktivitasnya. Sementara untuk pihak yang ingin berkolaborasi bersama Sampingan termasuk dalam hal volunteer, dapat menghubungi melalui email relawan@sampingan.co.id. (ANP)