Jokowi-Anies Tinjau Stasiun MRT Persiapan Hadapi New Normal

FAZ • Tuesday, 26 May 2020 - 09:52 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek kesiapan penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), sekira pukul 08.45 WIB, Selasa (26/5/2020).

Peninjauan itu dilakukan dalam rangka kesiapan penerapan prosedur new normal di sarana publik. Jokowi melakukan peninjauan itu didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Presiden Jokowi terlihat melewati pintu metal detector, selanjutnya suhu tubuhnya dicek. Setelah itu, Jokowi menuruni eskalator menuju peron kereta.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan mulai hari ini stasiun MRT akan dijaga oleh pasukan TNI dan Polri. Hal itu dalam rangka memastikan disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan di sarana transportasi

"Pagi hari ini saya datang ke stasiun MRT dalam rangka memastikan bahwa mulai hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri pasukan untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka lebih mendisiplinkan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB," ujarnya di stasiun MRT, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan itu akan dilakukan juga di wilayah lain. Setidaknya ada 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang juga akan dilakukan pendisiplinan oleh TNI dan Polri.

"Sehingga kita harapkan kedisiplinan kuat dari masyarakat akan semakin terjaga dan kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan menyadarkan mengingatkan masyarakat," tegasnya.

Usai memberikan pidatonya, Jokowi sempat berbincang dengan Anies. Anies seperti sedang menjelaskan sesuatu dengan sambil menunjukkan gadget-nya ke Jokowi.