Halal Bi Halal Virtual, Mensos Minta Pegawai Tingkatkan Pengabdian

ANP • Tuesday, 26 May 2020 - 21:22 WIB

JAKARTA - Kementerian sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menggelar acara Halal Bihalal secara virtual melalui aplikasi Zoom, Selasa, (26/05/2020).

Dalam kesempatan itu Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dan Sekjen Kemensos Hartono Laras mengucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada para peserta Zoom.

Pada masa pandemi dan dalam upaya pencegahan Penyebaran covid-19 sesuai arahan pemerintah, pelaksanaan kegiatan perkantoran masih harus dilakukan dengan pola bekerja dari rumah (WFH).

Para peserta berasal dari kantor perwakilan kemensos seluruh daerah di Indonesia. Mensos juga mengajak para pegawai kementerian sosial untuk merenungkan pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

“Untuk merenungkan apa saja yang sudah kita lakukan, kontribusikan kepada keluarga, lingkungan bangsa dan negara juga agama. Selama ini mungkin kita terlalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan kita sehari-hari," ucap Mensos dalam kata sambutannya di Halal Bihalal Virtual Kemensos.

Ia mengatakan dalam suasana hari raya yang penuh dengan keterbatasan, keprihatinan di tengah keheningan digunakan untuk berinstrospeksi.

"Mengingat kembali apa yang sudah kita lakukan sebagai umat beragama. Saya yakin ada maksud di balik kejadian ini. Tuhan yang Maha Kuasa memberikan musibah ini, pasti ada maksudnya,” kata Mensos di kediaman dinas.

Dia mengatakan, Covid-19 yang berasal dari Wuhan dan belum ada vaksinnya kemudian menyebar ke seluruh dunia.

"Hampir seluruh negara, negara yang kaya dan miskin, padat penduduk atau tidak semua terkena. Seluruh pemberitaan semua menggunakan masker, melakukan physical distancing," ucap Mensos.

Pandemi Covid-19 juga membuat keadaan di mana semua sekolah diliburkan, dan hampir semua kantor, menerapkan sistem bekerja dari rumah. 

Tak hanya itu, ia mengatakan Covid-19 juga menyebabkan tempat transportasi seperti terminal dan airport (bandar udara) tidak beroperasi.

"Ini semua terjadi pasti ada message (pesan) yang diberikan Sang Pencipta kepada manusia. Apa sebenarnya message tersebut? ini yang harus kita renungkan," kata Mensos kepada para pegawai kementerian sosial.

Peserta rapat adalah para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Para Staf Khusus Menteri, Para Tim Teknis Menteri, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Para Pejabat Fungsional Ahli Utama, Para Kepala UPT Badiklit Pensos dan Para Kepala UPT Ditjen Rehabilitasi, serta Para Pejabat Administrator melalui Zoom Meeting berjumlah 257 orang

Para Pejabat Pengawas Kantor Pusat dan UPT (510 orang), Para Pejabat Fungsional Ahli Madya, Ahli Muda, Ahli Pertama dan Terampil Kantor Pusat dan UPT (981 orang) dan Para Pelaksana Kantor Pusat dan UPT (2.097) melalui Broadcast Youtube Kemensos berjumlah 3.588 orang. (ANP)