Balai Kesehatan Lanal Kendari Adakan Rapid Test Massal Bagi Pengguna Jasa Pelabuhan

Mus • Thursday, 28 May 2020 - 16:22 WIB

Kendari - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari, bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di kota Kendari. Melalui Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Provinsi Sultra, Balai Kesehatan Lanal Kendari menggelar rapid test massal di Terminal Penumpang Pelabuhan Bungkutoko Kendari Kamis (28/05/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan Balai Kesehatan Lanal Kendari dibawah kendali Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, didukung KSOP kota Kendari dan KKP kelas II kota Kendari, 

"Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI, yaitu membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakkan hukum Gugus Tugas Covid-19 daerah, sehubungan dengan ditetapkannya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh Indonesia. Lanal Kendari  selaku Dansatgas untuk angkutan laut, dibantu oleh tim KKP, Dinkes provinsi, unsur Ditjen Hubla, Polri dan Syahbandar melaksanakan tindakan antisipasi memutus rantai penyebaran Covid -19," kata Danlanal.

"Jadi sasaran kegiatan ini adalah pengguna jasa maupun fasilitas laut dan bagi para penumpang yang baru tiba maupun yang berangkat melalui pelabuhan ini," tambahnya.

Dengan  menggunakan Alat Pelindung Diri yang lengkap, personil BK Lanal Kendari yang dibantu tim Kesehatan KKP dan Dinkes Provinsi  langsung memeriksa satu persatu tenaga kerja bongkar muat, operator pelabuhan maupun penumpang yang berada di pelabuhan Bungkutoko. Dalam kegiatan ini, total 163 orang mengikuti rapid test.

Kedepan pelaksanaan rapid test massal akan dilanjutkan ke pelabuhan-pelabuhan lain di Wilayah Sultra. (hengky)