Ganjar Ancam Penjarakan Jajarannya Jika Korupsi Saat Pandemi Corona

Mus • Sunday, 31 May 2020 - 16:31 WIB
SINDOnews.com

Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menindak tegas jajarannya yang korupsi di tengah pandemi COVID-19. Tak tanggung-tanggung, jika ditemukan ada pihak yang melakukan korupsi di Jawa Tengah saat penanganan COVID-19, maka akan langsung dipecat dan diseret ke KPK.

Hal itu disampaikan Ganjar saat halal bihalal secara virtual bersama paguyuban warga Jateng di Jabodetabek, Minggu (31/5/2020). Menurut dia, tidak boleh ada pihak yang memanfaatkan pandemi untuk mencari kesempatan memperkaya diri sendiri, apalagi dia seorang pemimpin.

"Tidak boleh hari ini ada pemimpin yang mikir duit, apalagi mikir korupsi dan dodolan (jualan). Meski semuanya serba dilonggarkan, jangan sampai kita mengambil kesempatan dalam kesempitan," tegasnya.

Dia mengatakan, dirinya sangat serius terkait persoalan ini. Dia juga sudah mengingatkan minimal untuk mereka yang ada di Jawa Tengah, agar selalu menjaga integritas dalam penanganan COVID-19.

"Saya kenceng betul soal ini dan saya sudah ingatkan minimal yang ada di Jawa Tengah, kalau ada di antara panjenengan yang korupsi pengadaan, ngemplang, njupuk duit (ambil uang) dan sebagainya, langsung tak pecat terus tak terke ning KPK (langsung saya pecat dan saya antar ke KPK)," tandasnya.

Pihaknya meminta semua pemimpin daerah mendukung upaya pencegahan ini. Meski kondisi darurat dan banyak kelonggaran, semua harus dilakukan dengan baik dan dipertanggungjawabkan sesuai aturan yang ada.

Menurut dia, sebagai pemimpin harus bertanggung jawab kepada masyarakat terhadap amanah yang diemban. Ujian paling besar para pemimpin saat ini adalah bertanggung jawab pada masyarakat.

"Ibarat sandal, maka kalau sandal ini diinjak, pemimpin itu ada di bawah sandal ini. Hari ini mereka harus rela mendengar aspirasi dari masyarakat yang paling bawah," tandasnya. (SINDOnews.com)