KRI Sultan Nuku - 373 Berlabuh di Kendari Dalam Pelayaran Operasi "Keris Sakti-20"

Mus • Monday, 1 Jun 2020 - 18:39 WIB

Kendari - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II menerima kedatangan KRI Sultan Nuku - 373 di dermaga baru Mako Lanal Kendari. Acara penyambutan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, beserta Perwira staf dan anggota Lanal Kendari, Senin (01/06/2020).

Penyambutan KRI SNU - 373 kali ini agak sedikit berbeda, karena turut dihadiri Kapolda Sultra Irjen Pol Merdisyam, Karo. Ops Polda Sultra Kombes Pol Budi Wasono, Danrem 143/HO Kolonel Inf. Jannie Aldrin Siahaan, dan Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb. Muzafar.

Pada kesempatan ini Kapolda menyampaikan rasa bangganya bisa onboard di KRI SNU - 373 dan mengungkapkan bahwa ini adalah kesempatan keduanya untuk naik di Kapal Perang Republik Indonesia setelah hampir 29 tahun, sekaligus bernostalgia dengan Komandan Guskamla Koarmada II, Danrem 143/HO, dan Karo. Ops Polda Sultra yang sama-sama merupakan lulusan Akabri-91.

KRI SNU - 373 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Aria C.M. Arifin, adalah kapal perang TNI AL jenis korvet yang berada dibawah jajaran Satuan Eksorta Koarmada II. Dalam pelayarannya KRI SNU - 373 melaksanakan Operasi "Keris Sakti-20" Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada II yang dipimpin langsung oleh Laksma TNI Rahmat Jayadi (Danguskamla Koarmada II).

Setibanya KRI SNU - 373 di dermaga baru Mako Lanal Kendari, Balai Kesehatan Lanal Kendari langsung melaksanakan protokol Covid - 19 dan Rapid Test kepada Komandan Guskamla Koarmada II dan  seluruh prajurit untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Hengky)