Rapid Test Covid-19 Digelar Pangkalan TNI AL Kendari di Pelabuhan Wawonii Kota Kendari

Mus • Thursday, 4 Jun 2020 - 09:51 WIB

Kendari - Mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 di wilayah pelabuhan-pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara, rapid test massal terus dilakukan oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II. Kali ini rapid test massal berlangsung di Pelabuhan Wawonii Kota Kendari, Rabu (03/06/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan Balai Kesehatan Lanal Kendari di bawah kendali Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, didukung dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Kendari serta KKP kelas II Kota Kendari.

"Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima Koarmada II yaitu membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakkan hukum Gugus Tugas COVID-19 daerah, sehubungan dengan ditetapkannya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh Indonesia yang menggunakan akses pelabuhan,’’ kata Danlanal.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan lanjutan dari rapid test yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya di Pelabuhan Bungkotuko Kota Kendari, dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan sasaran yang sama, yaitu pengguna jasa maupun fasilitas laut dan bagi para penumpang yang baru tiba maupun yang akan berangkat melalui pelabuhan ini.

Tercatat sebanyak 310 orang mengikuti rapid test yang terdiri dari TKBM, Pelindo, KPLP, Kementrian Perhubungan, ABK, penumpang kapal, pedagang pelabuhan dan TNI - Polri yang bertugas di pelabuhan. (Hengky)