Pakai Masker, Gubernur Anies Salat Jumat di Masjid Fatahilah Balai Kota Jakarta

FAZ • Friday, 5 Jun 2020 - 13:18 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat Jumat di Masjid Fatahilah kompleks Balai Kota DKI Jakarta. 

Anies Baswedan salat jumat bersama kedua putranya, Mikail dan Kaisar di Masjid Fatahillah Balai Kota.

Petugas mengimbau jemaah untuk melaksanakan wudu sebelum menuju ke masjid. Jemaah juga diimbau membawa alat salat sendiri serta menjaga jarak dalam saf salat.

Sebelumnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengecek kesiapan Masjid Fatahillah di kompleks Balai Kota DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk menggelar Sholat Jumat perdana di hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Anies didampingi Sekda Saefullah dan sejumlah pejabat saat ke Masjid Fatahillah.

Anies menyampaikan sejumlah protokoler kesehatan di rumah ibadah seperti jumlah peserta ibadah maksimal 50% dari kapasitas, menerapkan jarak aman 1 meter antarorang, mencuci tempat kegiatan dengan disinfektan sebelum dan setelah kegiatan, dan setelah tempat ibadah dipakai untuk kegiatan rutin, ditutup kembali.⁣

Kemudian protokol kesehatan di Masjid maupun Musholla seperti tidak menggunakan karper/ permadani, setiap jamaah harus membawa sendiri sajadah/alat sholat, hingga penitipan alas kaki ditiadakan. Sehingga setiap jamaah harus membawa sendiri kantong/tas dan membawa masuk alas kakinya masing-masing.⁣

"Mari laksanakan dengan disiplin oleh pengurus rumah ibadah dan warga Jakarta yg akan beribadah, saling mengingatkan antar jamaah, dan kita semua berharap bisa melewati transisi fase pertama ini dengan baik.⁣ Semoga Allah SWT melindungi kita semua," tutupnya.