Transaksi Non Tunai Meningkat Tajam di Tengah Pandemi Covid -19

Mus • Thursday, 11 Jun 2020 - 16:12 WIB

Surabaya - Pembayaran transaksi non tunai menjadi hal efektif dan efisien ditengah pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan penerapan physical distancing atau menjaga jarak.

Perusahaan Fintech terbesar di Jawa Timur Fastpay, mencatat kenaikan transaksi non tunai yang cukup signifikan. Sehingga untuk melayani pembayaran non-tunai di Indonesia , Fastpay memperkuat ratusan ribu bisnis dengan menghadirkan fitur QRIS.

Menurut Suroto, Direktur Marketing PT Bimasakti Multi Sinergi, semua transaksi pembayaran non tunai dapat dilakukan melalui 1 QR code atau disebut dengan Quick Response Indonesia Standart (QRIS), artinya, penerapan QRIS ini secara otomatis akan menyeleksi siapa saja pemain kuat pada model sistem pembayaran.

"Sebab setiap merchant sudah bisa menerima pembayaran dari semua merek uang elektronik dari mana saja tanpa terkecuali. Hal ini tentu membuat Sentra Bisnis Fastpay anak perusahaan dari PT Bimasakti Multi Sinergi telah berevolusi dari PPOB menjadi salah satu pemain Penyelenggara Jasa System Pembayaran (PJSP) Non Bank," Ungkap Suroto, Kamis (11/6/2020).

Dengan begitu, kata Suroto, seluruh mitra yang telah terdaftar menjadi Mitra Fastpay otomatis akan menjadi merchant QRIS, sehingga bisa menerima pembayaran menggunakan uang elektronik dari mana saja.

“Seluruh mitra kami otomatis menjadi merchant QRIS, dan bisa menerima pembayaran tanpa uang tunai” jelas Suroto.

Ia melanjutkan pertumbuhan Sentra Bisnis Fastpay dan menjadikannya sebagai PJSP, membuat jumlah pendaftaran mitra baru meningkat drastis sebesar 300% pendaftaran tiap harinya.

“Sejak awal kita umumkan Fastpay bukan lagi sekedar PPOB tapi menjadi (PJSP). Pendaftar baru langsung meningkat drastis” kata Suroto.

Suroto mengakui, meningkatnya jumlah registrasi ini karena mereka bisa menjadi Merchant QRIS dengan sangat cepat tanpa harus menunggu waktu lama.

Dia menambahkan, Fitur & teknologi aplikasi Fastpay juga telah di upgrade lebih unggul yang nyaris keunggulannya belum pernah dimiliki oleh aplikasi PPOB lainnya.

Fitur canggih tersebut antara lain mitra bisa lebih mudah menyimpan data dan bayar tagihan pelanggan, mengingatkan pelanggan yang belum bayar tagihannya melalui pesan whatsapp hingga transaksi banyak tagihan bisa dilakukan begitu cepat. (Hermawan)