Cegah Perluasan Wabah, PMI Semprot Zona Merah di Jaktim

Mus • Thursday, 11 Jun 2020 - 18:29 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) melakuan disinfeksi rumah ibadah dan lingkungan warga di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (11/6/2020).

Penyemprotan di lingkungan yang masuk dalam zona merah penularan virus corona ini dibantu Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta relawan dari TNI Angkatan Laut (AL).

Sebanyak 8.325 warga di RW 07 Bidara Cina ditaksir menerima manfaat penyemprotan tersebut. Sekretaris Lurah Bidara Cina Sri Mulyati menuturkan, penyemprotan sangat diperlukan pihaknya guna mencegah perluasan virus corona di lingkungan tersebut. Pasalnya, kata Sri, terdapat beberapa warganya yang telah dinyatakan posifit.

"Ada yang positif dan meninggal makannya kami tetap antisipasi di wilayah tersebut. Kita bekerja sama dengan sektor terkait, seperti kami bekerja sama dengan LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) untuk menghubungi PMI dan DMI," jelasnya.

Satu unit mobil penyemprot dikerahkan untuk menyemprot jalan di lingkungan RW 07. Relawan DMI, PMI, dan TNI AL turut dikerahkan untuk penyemprotan di gang-gang RW 07. Sedikitnya ada 17 RT yang mendapat layanan di lingkungan tersebut.

"Ditambah ada 6 masjid, 4 musala, dan 3 majelis taklim yang disemprot," kata anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bidara Cina Didi Udin.

Didi menambahkan, selain penyemprotan oleh PMI, warga sekitar juga telah diimbau rutin melakukan penyemprotan mandiri sedikitnya dua minggu sekali.

"Jadi penyemprotan beberapa kali, mulai dari Baznas, Damkar, PMI, bahkan LKDM, bahkan mandiri dari RW pun rutin tiap minggu dua kali. Karena memang programnya setiap minggu, kemudian kalau jadwal di RW lain tidak, kami fokuskan di RW 07," tukasnya. (Mus)