Siap - siap, Anies Akan Buka Kembali 80 Mal di Jakarta

FAZ • Thursday, 11 Jun 2020 - 21:55 WIB

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan pada 15 Juni 2020, seluruh pusat perbelanjaan di Jakarta akan di buka serentak. Pembukaan ini akan tetap mengikuti protokol kesehatan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pemprov sudah menetapkan bahwa pada tanggal 15 Juni pusat perbelanjaan bisa mulai beroperasi, Namun ada beberapa ketentuan yang harus diikuti pada masa PSBB transisi saat ini," ungkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan saat memantau persiapan pembukaan di Mall Emporium Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (11/6/2020).

Menurut Anies, beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan pengelola mal seperti, kapasitas jumlah pengunjung, jaga jarak, hingga tempat pencucian tangan dan penggunaan masker. Selain itu Anies meminta ada beberapa aturan yang harus ditaati pengelola. "Seperti tempat bermain anak dan tempat permainan anak temporer, fitnes, fungtion hall dan bioskop yang belum boleh beroperasi," ujarrnya.

Anies menjelaskan, di DKI Jakarta ada sebanyak 80 mal yang akan dibuka serentak. Untuk itu dirinya berharap setiap pengelola mengikuti protokol serta aturan yang sudah ditentukan.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia, DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengungkapkan, telah menyampaikan kepada seluruh anggota asosiasi untuk melengkapi atau menyempurnakan persiapan menuju pembukaan nanti.

"Ada beberapa ketentuan yang akan di perhatikan bagi para pengunjung nanti seperti akses pintu keluar masuk, lalu pengukur suhu oleh petugas. Dan untuk penghitungan pengunjung kami juga sudah mempunyai QR Code untuk melihat jumlah pengunjung, hal ini akan terus dilakukan pada masa PSBB transisi," ucapnya.