Dibuka Kembali, Taman Impian Jaya Ancol Mulai Dikunjungi Wisatawan

ANP • Monday, 22 Jun 2020 - 21:15 WIB

Jakarta – Kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol telah kembali beroperasi dan menerima kunjungan wisatawan pada hari Sabtu, 20 Juni 2020. Setelah selama tiga bulan melakukan penutupan sementara waktu untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan peraturan yang harus dipenuhi oleh pengunjung.

Selain itu selama masa PSBB Transisi, Manajemen melakukan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50% dari kapasitas normal dan hanya mengijinkan warga ber- KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol, diluar area tersebut akan dilakukan penyesuaian dikemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemi covid-19.

Manajemen juga menerapkan peraturan kepada pengunjung, antara lain: selalu menggunakan masker selama berada di area publik, dilarang membawa anak berusia 0 – 9 tahun, melakukan budaya etika batuk atau bersin, dengan menutup mulut dengan kertas tisu saat batuk atau bersin, dan buang kertas tisu yang kotor ke tempat sampah, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menghindari menyentuh bagian tubuh yang terbuka seperti mata, hidung, wajah, dan lengan dengan sarung tangan kotor atau tangan yang belum dicuci menggunakan sabun atau hand sanitizer, dan tetap memperhatikan jaga jarak/physical distancing minimal 1 meter dengan orang lain.

Mengingat aktivitas pantai selama menjaga protokol kesehatan juga bagus untuk kesehatan, maka pengunjung usia 60 tahun ke atas dapat berkunjung untuk berolahraga di area pantai, Pasar Seni dan di ruang terbuka hijau Allianz Ecopark mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. Sedangkan usia anak 9 tahun keatas dan dewasa sampai dengan 60 tahun ke bawah dapat berekreasi secara normal sesuai dengan jam operasional kawasan rekreasi.

Pada hari pertama dibukanya kembali Taman Impian Jaya Ancol, tercatat 2.668 pengunjung yang telah melakukan reservasi dan berwisata. Manajemen mengapresiasi pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket secara daring/online serta mentaati peraturan dan protokol kesehatan selama berwisata di Ancol.

Selama masa transisi ini pun Manajemen akan memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional. Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap, yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.

Selain itu terdapat penyesuaian pembukaan Pintu Gerbang Ancol, saat hari biasa (weekdays) pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan Busway, sementara untuk akhir pekan (weekend) dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur dan Busway.

Berikut ini informasi jam operasionalnya:

  • Pintu Gerbang Ancol : pukul 06.00 – 18.00 WIB

  • Pantai dan Kawasan Ancol : pukul 06.00 – 20.00 WIB

  • Dunia Fantasi : pukul 10.00 – 17.00 WIB

  • Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol : pukul 09.00 – 17.00 WIB

  • Allianz Ecopark : pukul 06.00 – 17.00 WIB

 

Mekanisme Pembelian Tiket Online

Selama masa operasional terbatas, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol tidak melayani pembelian tiket di loket Ancol secara tunai, pembelian tiket hanya data dilakukan secara daring/online melalui website resmi Ancol.

Caranya sebagai berikut: buka website www.ancol.com dan klik menu tiket, pilih tipe tiket dan unit rekreasi yang dituju, pilih tanggal reservasi kunjungan jika kuota tersedia tanggal tersebut bisa dipilih dan bila kuota telah habis maka bisa memilih tanggal lainnya. Pembelian tiket sudah mencakup tiket Gerbang Ancol dan unit rekreasi. Jika pengunjung membawa kendaraan, maka wajib membeli tiket kendaraan di halaman tiket tersebut. Pengunjung wajib mengisi data diri dan formulir pernyataan yang tercantum dalam website. Pembelian tiket dapat dilakukan selama kuota masih ada, namun untuk reservasi khusus pengguna annual pass dan juga pembelian di mitra online travel agent atau OTA wajib dilakukan H-2 sebelum kunjungan.

INFORMASI HARGA TIKET
Pintu Gerbang Ancol : Rp 25.000/orang (weekdays & weekend) Mobil : Rp 25.000
Motor : Rp 15.000

Dunia Fantasi (termasuk Gerbang Ancol dan Dufan)

Senin - Jumat : Rp 225.000
Sabtu/Minggu/Libur : harga normal Rp 320.000, harga pembelian di website Ancol Rp 275.000

Sea World Ancol (termasuk Gerbang Ancol & Sea World )

Senin – Jumat : Rp 110.000 Sabtu/Minggu/Libur : Rp 130.000

Ocean Dream Samudra (termasuk Gerbang Ancol & Samudra)

Senin - Jumat : harga normal Rp 120.000, harga pembelian di website Ancol Rp 95.000 Sabtu/Minggu/Libur : harga normal Rp 155.000, harga pembelian di website Ancol Rp 105.000

Tiket bundling Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra (termasuk Gerbang Ancol,Sea World, dan Samudra)
Senin – Jumat : Rp 165.000
Sabtu/Minggu/Libur : Rp 210.000

Harga unit-unit rekreasi tersebut khusus pembelian di www.ancol.com, tiket berlaku 1 (satu) kali kunjungan dan sudah termasuk Pintu Gerbang Utama Ancol. Periode pembelian sampai 30 Juni 2020. Seluruh informasi dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dengan menyesuaikan situasi dan kondisi. (ANP)