Global Radio Adakan Global Skool, Sekolah Online 

ANP • Tuesday, 23 Jun 2020 - 11:49 WIB

Jakarta - Radio anak muda Global Radio mengadakan sekolah online Global Skool, Sabtu (20/6/2020). Global People, sapaan pendengar 88.4 Global Radio Jakarta dan 89.7 Global Radio Bandung mengikuti kelas produksi musik digital bersama Yudistira Abjani dari Double Deer Academy. Dipandu penyiar Global Radio, Aji Sabha, Yudistira membagikan cara membuat musik / jingle menggunakan software musik.

Sejumlah teknik dasar memproduksi lagu yang dibagikan, di antaranya: membentuk pola lagu, mengisi dan membentuk suara chord, menambah perkusi, bas, sampai menyesuaikan dengan vokal, sehingga menghasilkan aransemen satu menit.

Tidak hanya belajar satu arah, Global People juga bertanya langsung tentang tips singkat memproduksi lagu. Salah satu pertanyaan, apakah produser musik digital perlu mampu memainkan alat musik?

Menurut Yudistira, pemanfaatan digital audio workstation memang butuh pemahaman teori musik sederhana, seperti kunci-kunci dan kemampuan dasar, tetapi tidak terlalu dalam.

"Yang paling penting adalah mengasah kepekaan, dengan cara memperbanyak referensi musik," kata Yudistira.

Sementara agar bisa mahir, Yudistira sendiri butuh waktu sekitar satu tahun, karena belajar mixing dan mastering tidak bisa dipelajari secara instan, tetapi harus dinikmati prosesnya.

"Dengan modal headphone dan laptop, kita bisa memproduksi banyak hal. Peluang mencari uang tambahan juga sangat banyak, bisa membuat bumper, membantu penyanyi, bisa banget. Side job dengan alat seadanya, tetapi uangnya bisa buat jajan," terang Yudistira.

Di akhir acara, selain mendapat pengetahuan baru seputar musik digital, Global People yang beruntung, juga mendapatkan hadiah menarik dari Global Radio.

Global Skool diadakan kembali pada Sabtu (27/6/2020) dengan tema bedah lirik dan Sabtu (4/7/2020) dengan tema teknik voice over, mulai pukul 15.00. Anak muda yang tertarik dengan dunia penulisan lagu atau ingin menjadi pengisi suara, bisa mendaftar lewat Whats App 08121212 884 dan cek Instagram 884GlobalRadio.

Acara ini merupakan program khusus dari Global Radio khusus untuk anak muda yang saat ini sedang menikmati libur panjang di rumah saja. Waktu luang dapat diisi dengan meningkatkan skill khas generasi muda, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan melalui daring. (ANP)