Pertamina Serahkan 305 Ventilator Untuk RS BUMN Di Indonesia

FAZ • Thursday, 25 Jun 2020 - 09:13 WIB

JAKARTA - Pertamina memberikan sumbangan ventilator sebanyak 305 unit kepada Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri untuk didistribusikan kepada Rumah Sakit BUMN. Pemberian bantuan tersebut dilakukan di Gudang BGR, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (23/6).

Pada kesempatan itu turut hadir Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita, Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan Balaningrat, dan Direktur Operasional Medis Pertamedika, IHC Abdul Harris.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Pertamina terus berupaya dan berkomitmen mendukung perjuangan tenaga medis yang sedang merawat pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan.

“Sebagai BUMN, Pertamina akan terus memberikan dukungan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan rumah sakit terutama ventilator dan juga APD serta kebutuhan lainnya sehingga dengan peralatan yang memadai bisa lebih banyak membantu kesembuhan pasien Covid-19,” ujar Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, ventilator merupakan salah satu alat penting yang dibutuhkan tenaga medis terutama dalam merawat pasien dengan kategori berat. Alat ini diserahkan kepada Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri agar bisa tersebar ke berbagai Rumah Sakit BUMN yang membutuhkan.

Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri, Harjawan Balaningrat, menegaskan, ventilator tersebut akan didistribusikan ke kota-kota yang memiliki tingkat penyebarannya tinggi.

“Tahap awal kami kirim ke daerah Jawa Timur, meliputi Surabaya, Jember, Malang. Semoga bantuan ini dapat membantu memberikan kesembuhan kepada pasien Covid-19,“ ujarnya.

Sejak Covid-19, Pertamina telah memberikan berbagai bantuan ke rumah sakit, Puskesmas, Posyandu serta masyarakat umum. Hingga pertengahan Juni 2020, total nilai bantuan yang disalurkan berjumlah Rp 220,6 Miliar.

Bantuan yang diberikan Pertamina meliputi masker sebanyak 614.668 pieces, hand sanitizer sebanyak 7.314 liter, Alat Pelindung Diri (APD) 215.809 buah, paket sembako dan makanan 127.814 paket, wastafel portabel 1.800 Unit, sarung tangan 90.594 pieces serta ventilator 305 unit.

Selain itu, Pertamina juga telah membantu beberapa Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dengan total bantuan mencapai 130 Miliar. Pertamina juga telah membangun rumah sakit modular dengan membangun Lapangan Bola Simprug menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.