Waspada Software Ilegal, Ransomware Terbaru Intai Komputer Mac

ADM • Wednesday, 1 Jul 2020 - 15:01 WIB

CALIFORNIA - Ransomware terbaru mengintai komputer Mac. Ransomware tersebut kabarnya disebarkan melalui aplikasi Mac bajakan.

Dikutip iNews, software ilegal berpotensi menyembunyikan file-file berbahaya di dalam instalasi. Menurut laporan dari Malwarebytes, ada ransomware 'EvilQuest' baru yang menargetkan komputer Mac yang juga disebarkan melalui aplikasi Mac bajakan.

Ransomware ditemukan saat beberapa pengguna mengunduh aplikasi 'Little Snitch' dari forum Rusia. Unduhan sebenarnya berisi aplikasi itu sendiri tapi juga membawa file yang dapat dieksekusi tambahan.

Malware ini cukup cerdas karena instalasi, file dipindahkan ke lokasi baru dan diubah namanya menjadi CrashReporter agar tetap bersembunyi di macOS Activity Monitor.

Layaknya kebanyakan ransomware, mereka akan mengenkripsi semua file di komputer Mac dan tampaknya, pengguna perlu membayar 50 dolar AS untuk mendeskripsi file mereka untuk mendapatkannya kembali.

Selain mengunci file-file, malware tersebut juga akan menyarankan untuk menginstal keylogger. Keylogger ini digunakan untuk memonitor keystrokes, dengan harapan Anda memasukkan informasi sensitif seperti kartu kredit, nama pengguna, password, dan sebagainya.

 

Sumber : Okezone.com