Kasus Covid-19 di AS Melonjak, Trump Akhirnya Setuju Kenakan Masker

ADM • Thursday, 2 Jul 2020 - 09:16 WIB
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (foto: AFP)

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang telah lama menolak pedoman penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 akhirnya mengubah pandangannya, setelah jumlah kasus virus corona di AS melonjak tajam. Trump mengatakan dia akan mengenakan masker "dalam situasi yang ketat dengan orang-orang".

Meski begitu, Trump, yang telah menghindari tampil di depan umum dengan masker, juga bersikeras bahwa penutup wajah tidak perlu diwajibkan untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Trump kepada Fox News pada Rabu (1/7/2020), sehari setelah seorang tokoh terkemuka Partai Republik memintanya mengenakan masker sebagai contoh.

"Saya setuju sepenuhnya dengan masker," kata Trump sebagaimana dilansir BBC.

Ketika ditanya apakah dia akan mengenakan masker, presiden berkata: "Jika saya berada dalam situasi yang ketat dengan orang-orang, saya akan benar-benar (mengenakannya)". Dia menambahkan bahwa orang telah melihatnya memakai masker sebelumnya.

Trump mengatakan dia "tidak punya masalah" dengan mengenakan masker di depan umum. Dia mengatakan “cukup suka” dengan bagaimana penampilannya mengenakan masker, menyamakan dirinya dengan Lone Ranger.

Namun, Trump menegaskan bahwa dia tidak berpikir mewajibkan penggunaan masker di seluruh AS karena ada "banyak tempat di mana orang tinggal jarak yang sangat jauh".

"Jika orang merasa senang dengan itu (mengenakan masker), mereka harus melakukannya."

Selama perayaan Hari Kemerdekaan Trump yang akan digelar pada 3 Juli di Mount Rushmore, para pendukungnya yang hadir tidak akan dipaksa untuk mengenakan masker atau melakukan penjagaan jarak sosial.

Sejumlah negara bagian AS mengalami lonjakan kasus Covid-19 dan kematian akibat penyakit itu dalam beberapa hari terakhir.

AS sekarang memiliki lebih dari 2,6 juta infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 127.000 kematian.

 

Sumber : Okezone.com