Berikut Syarat Naik Haji Tahun ini

Mus • Tuesday, 7 Jul 2020 - 07:18 WIB

Riyadh - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menegaskan kondisi kesehatan akan menjadi syarat utama bagi seseorang yang ingin mengikuti haji tahun ini.

Dikutip dari Inews.id, porsi jamaah antara warga Saudi dan non-Saudi tetap sama sebagaimana diumumkan sebelumnya, yakni 30 persen warga lokal dan 70 persen warga asing. Kuota untuk warga asing adalah mereka yang sudah berada di Saudi, bukan orang yang baru tiba.

Mereka akan diseleksi secara ketat oleh petugas kesehatan sehingga benar-benar dipastikan bebas dari Covid-19.

Kementerian akan memprioritaskan warga non-Saudi yang sehat secara medis dan hasil tes PCR menunjukkan negatif, baru pertama kali melakukan haji, serta berusia antara 20 dan 50 tahun.

Selanjutnya, mereka yang terpilih diminta melakukan karantina dalam waktu yang diputuskan oleh Departemen Kesehatan, sebelum dan sesudah melakukan haji.

Kementerian menambahkan warga non-Saudi yang memenuhi syarat dapat mendaftar melalui situs web Kementerian, yakni di localhaj.haj.gov.sa

Pendaftaran melalui situs web dibuka 5 hari, yakni dari Senin (6/7/2020) hingga Jumat (10/72020).

Penyeleksian jamaah non-Saudi dilakukan secara elektronik termasuk menyertakan bukti kesehatan medis. Mereka diminta menyerahkan semua dokumen yang diperlukan.