Tips Mudah Memotivasi Siswa Belajar Matematika Secara Online

ANP • Tuesday, 7 Jul 2020 - 16:33 WIB

JAKARTA - Ketua Pelaksana Seminar Online Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana (UMB), Sabar Rudiarto, M.Kom mengatakan, pandemi Covid-19 membuat pengabdian masyarakat UMB dilakukan secara online. Ia berharap, metode pembelajaran oleh para guru dapat membuat para siswa mencintai mata pelajaran matematika, dan tetap menyenangkan walaupun pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh.

“Melihat kondisi saat ini ditengah pademi Covid-19, maka pelaksanaan pengabdian masyarakat diajukan dalam bentuk seminar online. Pada seminar pengabdian masyarakat ini akan memberikan informasi bagi para guru bagaimana membuat para siswa mencintai mata pelajaran matematika dan tetap menyenangkan walaupun pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh,” tegas Ketua Pelaksana Seminar Online Pengabdian Masyarakat, Sabar Rudianto, dalam webdinar kerjasama fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika (Wilayah1 Jakarta Barat), dengan tema mencintai matematika dan tips pembelajaran matematika jarak jauh yang efektif dan menyenangkan, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, bagian paling sulit dalam matematika adalah tentang pemahaman dasar, yang pada akhirnya membuat para siswa bingung, dan berdampak metematika terasa menjadi tugas berat siswa.  

“Terkadang bagian paling sulit dalam matematika adalah tidak adanya pemahaman akan dasar-dasar sebelum berpindah ke soal yang lebih rumit. Hal ini dapat membuat siswa tersesat dan bingung, maka matematika akan terasa seperti tugas berat,” ujarnya. 

Untuk itu, Ia memberikan tips agar para siswa termotivasi untuk belajar matematika. Sabar menjelaskan, langkah tersebut adalah mengontekstualisasikan ulang, dengan memberikan situasi yang sesuai, sama menyenangkan dan sesuai. Hal itu, kata Sabar, berguna baik untuk mengajar privat di sekolah dasar, persiapan tes masuk sekolah menengah, persiapan tes kualifikasi tingkat lanjut untuk kuliah atau pun kerja, atau untuk mahasiswa.

“Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menarik perhatian siswa dari berbagai macam tingkatan dan juga untuk mencari tahu bagaimana mereka dapat berkembang di area yang saat ini menjadi masalah. Dari latar belakang tersebut diatas, maka kami mengangkat ini sebagai tema seminar online pada hari ini,” kata Sabar.

Webdinar dengan tema mencintai matematika dan tips pembelajaran matematika jarak jauh yang efektif dan menyenangkan, Selasa (7/7/2020), Kerjasama fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika (Wilayah1 Jakarta Barat), juga dihadiri Prof Dr. Indah Emilia Wijayati (Dosen FMIPA UGM), Drs. Achmad Kodar, MT (Dosen Fasilkom UMB), Dr. Mujiono MT, CISA, CGEIT (Dekan Fasilkom UMB), Rumiyatun M.Pd (Kepala Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika Wilayah 1 Jakarta Barat), Mohammad Hidyat, S.Pd (Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Wilayah 1 Jakarta Barat). (ANP)