Jasa Marga Salurkan 1,4 Miliar Kepada UMKM dan Mitra Binaan Selama Pandemi

ANP • Wednesday, 8 Jul 2020 - 14:21 WIB

Jakarta - Pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini memberikan dampak yang signifikan, salah satunya adalah kondisi daya jual para pelaku Usaha Mikro Kecil  Menengah (UMKM) dan Mitra Binaan yang semakin menurun sehingga terhambat dalam menjalankan usahanya. PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus ulurkan tangan kepada para pelaku UMKM dan Mitra Binaan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa hingga saat ini, Perseroan telah menyalurkan Rp1,4 miliar selama masa pandemi Covid-19 guna mendorong semangat para pengusaha agar terus bertahan dalam situasi seperti ini. 

"Terdapat total 24 UMKM dan 4 Mitra Binaan yang telah kami bantu tersebar di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali dan Kalimantan Timur. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena UMKM termasuk salah satu sektor ekonomi yang terdampak cukup signifikan dikarenakan kemampuan daya beli masyarakat yang juga menurun," tambah Heru.

Heru menjelaskan, bantuan tersebut diberikan dalam bentuk penggunaan jasa produksi UMKM dan Mitra Binaan untuk berbagai kebutuhan sesuai bidang usahanya, terutama dalam memenuhi perlengkapan penanggulangan Covid-19 seperti masker, hand sanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya, yang juga Jasa Marga salurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Dengan terus berproduksi, diharapkan hal ini akan terus menjaga keberlangsungan usaha para pelaku UMKM dan Mitra Binaan tersebut. Dana yang kami gunakan untuk membantu UMKM ini berasal sebagian dari dana Bina Lingkungan yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM, dan sebagian berasal dari realokasi Tunjangan Hari Raya (THR) Komisaris Direksi Jasa Marga Group." tambahnya.

Ardina Sport merupakan salah satu mitra binaan Jasa Marga sejak tahun 2011 dan bergerak pada bidang konveksi. Selama pandemi Covid-19, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi dari Ardina Sport sebanyak 17.000 pcs masker kain. Berlokasi di Rawa Lumbu Bekasi, Ardina Sport dapat memproduksi hingga 1.000 masker kain tiap harinya.

Selain itu, Esa Bumindo selaku UMKM binaan Jasa Marga juga memiliki kontribusi dalam pencegahan pandemi Covid-19. Berlokasi di Tangerang Banten, Esa Bumindo memproduksi cairan disinfektan, hand sanitizer dan berbagai produk sabun cair. Esa Bumindo berhasil membantu Jasa Marga dalam memproduksi 3.750 liter keperluan hand sanitizer.

Pemilik Esa Bumindo Eman Suratman menjelaskan, UMKM-nya telah menjadi Mitra Binaan Jasa Marga sejak tahun 2011 sampai dengan saat ini. Selain mendapatkan modal usaha,  Esa Bumindo juga mendapatkan pesanan produk dari Jasa Marga guna mencegahan penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah usaha kami ini terus berinovasi dan terus berkembang, terlebih kami juga dapat memberdayakan warga sekitar untuk bekerja di tempat kami ini", tambah Eman.

Selama pandemi, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi UMKM Binaan untuk memproduksi 17.000 pcs masker kain, 3.750 liter  hand sanitizer hingga 1.700 paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 wilayah operasional Jasa Marga Group serta di wilayah Jawa Barat dimana Jasa Marga merupakan koordinator Satgas Covid-19 BUMN wilayah tersebut. (ANP)