6 Pilihan Makanan Sehat untuk Pengidap Kanker Hati

ADM • Thursday, 9 Jul 2020 - 09:48 WIB

JAKARTA - Para pengidap kanker hati sangat penting mendapatkan nutrisi yang seimbang setiap hari. Fungsinya untuk menjaga kekuatan dan mempercepat proses pemulihan.

Dokter menyarankan untuk mengonsumsi makananan 5-6 kali sehari setiap tiga jam sekali. Dengan melakukan hal tersebut, pengidap kanker hati dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan kalori.

Tidak hanya itu, Anda dapat mengurangi efek samping dari adanya kanker tersebut. Dilansir dari Boldsky, ada 6 pilihan makanan yang cocok untuk pengidap kanker hati. Penasaran? Mari simak ulasannya.

Protein tanpa lemak

telur

Ayam, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, serta kedelai cocok bagi pengidap kanker hati. Dengan mengonsumsi makanan yang rendah protein, dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Gandum utuh

Oatmeal, roti gandum, beras merah, atau pasta gandum bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan hati. Tidak hanya itu, pilihan makanan ini juga membantu meningkatkan energi dan menjadi sumber karbohidrat dan serat yang baik.

Buah

Konsumsi buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh pengidap kanker. Buah-buahan seperti jeruk bali, blueberry, cranberry, dan anggur cocok dikonsumsi karena mengandung antioksidan yang membantu melawat penyakit.

Sayuran

sayuran

Sayur-sayuran seperti bit, kubis brussel, brokoli, atau sawi dikenal dengan kandungan serta yang tinggi. Berdasarkan penelitian, sayuran-sayuran ini membantu meningkatkan kadar enzim detoksifikasi dan melindungi hati dari kerusakan.

Lemak sehat

Lemak sehat dapat ditemukan pada alpukat, kacang-kacangan, biji=bijian atau minyak zaitun. Kandungan semua bahan ini membantu menyerap nutrisi penting dan antioksidan sehingga membantu meningkatkan kondisi tubuh.

Air

Air sangat penting bagi seorang dengan kanker hati. Denagn rajin minum air putih, membantu menjaga kadar air dalam tubuh. Sehingga tidak membuat Anda dehidrasi selama proses penyembuhan kanker hati.

 

Sumber : Okezone.com