Kemendikbud Buka Daftar Guru Penggerak

AKM • Monday, 13 Jul 2020 - 21:59 WIB

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi membuka pendaftaran program Guru Penggerak hari ini, Senin 13 Juli 2020.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan, program guru penggerak berpijak pada filosofi Ki Hajar Dewantara.

Menurut filosofi tersebut, lanjut dia, seorang guru teladan mampu meningkatkan motivasi dan kemauan belajar murid serta berorientasi pada murid.

" Girunpenggerak adalah agen-agen perubahan yang akan membawa ekosistem gurunke arah filosofi tadi. Guru Penggerak mencari bibit-bibit pemimpin untuk ekosistem di masa depan, mempraktikkan pembelajaran berpusat pada  murid dan mendorong guru-guru lainnya untuk sama-sama bergerak," kata Iwan dalam konferensi daring, Senin (13/7/2020).

Ia mengatakan, program ini akan memilih dan melatih guru-guru terbaik. Guru-guru yang terpilih, kata dia, adalah guru dengan mental yang tangguh, berani berinovasi dan mampu menjadi pemimpin di ekosistemnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ki Saur Panjaitan dari Tamansiswa menambahkan, guru adalah sosok penting terhadap perkembangan anak didiknya.

Ia mengatakan, saat anak berada di rumah, maka anak akan percaya pada kata-kata orangtuanya. Namun, saat ia masuk sekolah, anak akan percaya pada gurunya.

"Salah gurunya, salah satu generasi, benar gurunya, benar segenerasi," kata Ki Saur.

Sehingga, ia sangat mengapresiasi program ini dan berharap guru-guru akan tumbuh menjadi sosok yang bisa menjadi teladan bagi muridnya.

Guru-guru di Indonesia yang ingin meningkatkan kompetensi dan memberikan kontribusi terbaik bagi pengembangan pembelajaran di sekolah, bisa segera mendaftar hingga 22 Juli 2020.

Dalam proses menjadi Guru Penggerak, guru akan mengikuti rangkaian seleksi dan pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Meski begitu, guru tak akan terganggu jam mengajarnya. Sebab, pelatihan dilakukan secara virtual dan pendamping akan datang langsung ke lokasi guru berada.

Pendaftaran dan detail program Guru Penggerak dapat diakses melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/ 

 

Berikut informasi seputar pendaftaran Guru Penggerak:

Kriteria umum

1. Guru jenjang TK, SD, dan SMP, SMA.

2. Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta.

3. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4.

5. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun.

6. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.

7. Memiliki keinginan kuat menjadi  Guru Penggerak.

Jadwal Program Guru Penggerak

  • Pembukaan pendaftaran Calon Guru Penggerak: 13-22 Juli 2020.
  • Seleksi Tahap I (registrasi, esai, Tes Bakat Skolastik): 23 Juli - 30 Agustus 2020.
  • Seleksi Tahap II (simulasi mengajar, wawancara): 31 Agustus - 16 September 2020.
  • Pengumuman Calon Guru Penggerak: 19 September 2020.
  • Pelaksanaan Pelatihan Guru Penggerak: 5 Oktober - 31 Agustus 2020.