Penerima Beasiswa OTS Berkumpul Secara Virtual

ANP • Saturday, 25 Jul 2020 - 20:56 WIB

JAKARTA - Pada hari Sabtu, 25 Juli 2020 Nuffic Neso Indonesia mengundang para penerima beasiswa OTS (Orange Tulip Scholarship) untuk hadir secara virtual dalam acara Orange Tulip Scholarship Awardees Gathering. Acara ini selain bertujuan untuk mempererat ikatan diantara para penerima beasiswa OTS juga untuk berbagi bekal informasi seputar studi dan tinggal di Belanda.

Orange Tulip Scholarship (OTS)

Orange Tulip Scholarship (OTS) adalah beasiswa parsial yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda bagi para pelajar unggul Indonesia yang berminat untuk melanjutkan program studi sarjana (bachelor degree) dan pasca sarjana (master degree).  Beasiswa OTS pertama kali diluncurkan oleh Nuffic Neso Indonesia pada tahun 2012, berkat adanya kerjasama yang baik antara Nuffic Neso dengan institusi pendidikan tinggi Belanda, jumlah beasiswa yang ditawarkan meningkat setiap tahunnya. Informasi mengenai jenis beasiswa (skema OTS) dapat diakses melalui www.nesoindonesia.or.id/ots

Pandemi COVID 19 tidak menurunkan minat pelajar Indonesia untuk studi di Belanda. Total aplikasi beasiswa OTS yang masuk tahun ini (342 pendaftar) meningkat sebanyak 14 persen jika dibandingkan dengan total aplikasi yang masuk tahun lalu (298 pendaftar).

Para pendaftar tersebut bersaing untuk memperebutkan 83 beasiswa yang memungkinkan untuk studi di 26 institusi di Belanda dengan total nilai beasiswa sebesar 676.100 EUR. Dari 342 pendaftar beasiswa OTS, sebanyak 76% mendaftar untuk program master (S2) dan 24% mendaftar untuk program bachelor (S1). Dari total 342, sebanyak 37 pendaftar berhasil mendapatkan beasiswa OTS untuk tahun akademik 2020 –2021, beasiswa yang didapatkan per individu tergantung dari skema yang ditawarkan masing-masing oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, seperti misalnya potongan biaya kuliah yang beragam antara 30% - 100%, pemberian bantuan tunjangan biaya hidup, bantuan biaya pengurusan visa, dan asuransi kesehatan selama studi. Total beasiswa yang diberikan untuk tahun akademik 2020 – 2021 senilai 564.688 EUR.

Dilihat dari data para pendaftar OTS, program studi yang paling banyak dipilih adalah Business Administration, Marketing, Environmental Resource Management, Urban Management and Development, dan Communication. Dengan universitas tujuan diantaranya adalah Vrije Universiteit of Amsterdam, University of Twente, Tilburg University, Saxion University of Applied Sciences, dan Maastricht University.

Awardees Gathering

Untuk menghindari resiko penyebaran virus corona, acara tahunan bagi para penerima beasiswa OTS kali ini diselenggarakan secara virtual. Acara dibuka oleh sambutan Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl. Dalam sambutannya Peter van Tuijl mengemukakan bahwa situasi yang berkaitan dengan COVID-19 di Belanda saat ini dalam keadaan yang terkendali, dibuktikan dengan angka kasus infeksi COVID-19 yang rendah. Belanda juga sudah memberlakukan relaksasi dan tetap menerapkan protokoler kesehatan. Berkaitan dengan pendidikan, setiap Dutch Higher Education Institutions (DHEI) menerapkan protokoler kesehatan di masing – masing kampus.  Metode hybrid education yang melakukan kombinasi offline dan online learning diterapkan pada saat ini. Beliau menambahkan di tengah situasi pandemic yang sedang terjadi dan beberapa penyesusaian yang dilakukan, Belanda akan tetap memberikan pengalaman yang bermakna bagi para mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Belanda untuk melanjutkan studi.  Peter Van Tuijl juga berpesan kepada para penerima beasiswa ketika kembali tiba di Indonesia setelah selesai masa studi, Nuffic Neso Indonesia akan senantiasa menyambut baik untuk terus berhubungan dengan cara bergabung dengan komunitas Holland Alumni Network untuk terus berkiprah di bidang – bidang esensial seperti di bidang pertanian, perairan, supremasi hukum, dan bidang lainnya.  

Dalam acara ini, alumni Belanda yang juga penerima beasiswa OTS pada tahun 2018, Dhimas Satriyo Utomo yang telah berhasil menyelesaikan studi Master of Business Administration (MBA) di TIAS School for Business & Society (Tilburg) membagikan pengalamannya saat studi di Belanda. Juga Jeannie Stevanie, penerima beasiswa OTS pada tahun 2019, yang saat ini sedang melanjutkan studi Master Chemical Engineering di University of Twente akan  terhubung langsung dari Belanda untuk menceritakan pengalamannya. Karena pembiayaan beasiswa OTS tidak  penuh, maka topik yang paling menarik saat diskusi adalah seputar pengalaman bekerja sambil studi di Belanda.

Nuffic Neso Indonesia adalah kantor perwakilan Nuffic, organisasi nonprofit di Belanda yang ditunjuk resmi menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan dan didanai oleh pemerintah Belanda. Nuffic Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris. Nuffic Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda serta menawarkan, mewakili pemerintah Belanda, beasiswa untuk warga negara Indonesia setiap tahunnya www.nesoindonesia.or.id (ANP)