Pemerintah Dorong Entrepreneur Manfaatkan Peluang Bisnis Dimasa Pandemi

ANP • Sunday, 26 Jul 2020 - 21:17 WIB

BREBES - Ditengah pendemi Covid-19 pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan yang akan datang sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilatih dapat menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) yang terdidik dan terlatih serta mampu memanfaatkan peluang bisnis dimasa pandemi dan new normal seperti saat ini.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan SDM, Arif Rahman Hakim, saat membuka Pelatihan Kewirausahaan bagi 60 orang peserta pelatihan kewirausahaan bidang pariwisata dan home decor di Brebes (25/7/2020).

Menurut Arif, untuk peningkatan kualitas SDM UMKM diperlukan sinergi dengan beberapa stakeholder lain seperti expert smesco, PLUT dan Balatkop provinsi Jateng. Arif berharap melalui pelatihan seperti ini, peserta dapat menangkap peluang yang diberikan oleh pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa dan aktif dalam melakukan networking.

Ia menjelaskan, tujuan pelatihan ini adalah untuk menyiapkan UKM agar selalu eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemi dan new normal khususnya dibidang pariwisata dan home decor serta mewujudkan UMKM naik kelas.

"Nanti setelah pariwisata dibuka pada masa new normal, maka UMKM brebes harus siap menghadapi persaingan, untuk itu, didaerah Brebes perlu kita bentuk koperasi yang bergerak dibilang pariwisata" pungkasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah juga memberikan motivasi kepada peserta agar terus eksis dalam masa pandemi ini, dan menekankan perlunya sebuah branding bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. (ANP)