Hindari Penyebaran Covid-19, Bank DKI Terapkan Pembayaran Pajak Kendaraan Non Tunai

FAZ • Tuesday, 4 Aug 2020 - 22:00 WIB

Jakarta - Warga DKI Jakarta diimbau memanfaatkan layanan online untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara non tunai.

Selain lebih praktis dan efisien, pola pembayaran ini bertujuan untuk menghindari penularan Covid-19 antar pribadi yang terjadi melalui kontak fisik.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, mengatakan pembayaran PKB dapat dilakukan secara non tunai melalui layanan e-channel Bank DKI seperti JakOne Mobile, ATM maupun debit EDC.

Untuk membayar PKB melalui JakOne Mobile, wajib pajak (WP) dapat melakukan pembayaran melalui tiga cara.

Di antaranya melalui menu pembayaran pajak eSamsat DKI Jakarta, melalui menu pembayaran pajak eSamsat Nasional (kode bayar diperoleh dari aplikasi SAMOLNAS, Samsat Online Nasional), dan melalui pembayaran Scan QRIS di loket pembayaran Samsat.

“Bagi WP yang memiliki data NIK yang sama antara data di kepemilikan kendaraan dengan data pada bank, dapat melakukan pembayaran PKB melalui menu pembayaran eSamsat DKI Jakarta pada aplikasi JakOne Mobile,” kata Herry berdasarkan keterangan yang diterima pada Selasa (4/8/2020).

Herry menjelaskan pada aplikasi JakOne Mobile, masyarakat hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan, dan pilih sumber dana.

Setelah itiu WP melakukan pembayaran sesuai nominal pajak yang tertera.

“Sedangkan WP yang ingin segera mendapat lembar pengesahan ataupun yang ingin membayar pajak tahun ke-5, pembayaran PKB dapat dilakukan dengan pembayaran Scan QRIS di Loket Pembayaran Samsat,” ujar Herry.

Menurutnya, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank DKI telah menyediakan sejumlah hadiah menarik bagi WP yang membayar PKB melalui JakOne Mobile dan paling banyak mengumpulkan poin transaksi JakOne Mobile sampai dengan 31 Oktober 2020.

Bank DKI akan memberikan hadiah utama 1 unit mobil, 5 unit Motor, dan ratusan hadiah merchandise menarik.

“Informasi terkait ketentuan lebih lanjut tentang Program Bayar PKB berhadiah Mobil & Motor dapat mengunjungi laman bit.ly/jakone-pkb,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Bank DKI juga terus mengembangkan berbagai fitur baru pada aplikasi JakOne Mobile.

Fitur ini dapat memudahkan penggunanya berbank #dirumahaja, termasuk membuka rekening tabungan dan deposito secara online.

JakOne Mobile dapat dipergunakan baik oleh nasabah yang sudah ataupun yang belum memiliki rekening tabungan Bank DKI.

Kemudian, untuk melindungi nasabah dan karyawannya, Bank DKI juga menerapkan sejumlah protokol kesehatan dalam pelayanan kepada nasabah.

“Di antaranya pengecekan suhu, imbauan menggunakan masker dan mencuci tangan pada westafel atau hand sanitizer yang telah disediakan, menjaga jarak aman minimal 1-2meter, hingga membatasi antrean sampai dengan 50 persen dari kapasitas,” jelasnya.